Balinews.id

Pemulihan Ekonomi Butuh Sinergi Semua Sektor Usaha

BaliNews.id – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid menilai pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 butuh sinergi dan keterlibatan semua sektor bukan hanya pelaku usaha

“Pemulihan ekonomi tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, seluruh sektor harus bersinergi baik pelaku usaha, pemerintah, serta sektor lain. Untuk itu, Kadin perlu mengambil peran menjalin kemitraan antara pelaku usaha dengan pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga kabupaten atau kota,” kata Arsjad dalam keterangannya di Jakarta, Selasa

Menurut dia, sinergi itu untuk menentukan sektor usaha mana yang perlu dimaksimalkan karena potensi masing-masing daerah berbeda, sinergi dengan Pemerintah yang inklusif dan kolaboratif.

“Inklusif, menjadikan Kadin harus bisa merangkul setiap pelaku usaha dengan beragam skala dan jenis industri. Kadin, harus tumbuh secara inklusif, sedangkan kolaboratif menjadikan Kadin sebagai tempat bekerja sama untuk membantu sektor kesehatan dan perekonomian Indonesia,” katanya.

Arsjad yang merupakan Calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 itu, menganalogikan bahwa persoalan yang dihadapi saat ini bagaikan perang, yakni perang ekonomi, kesehatan, dan perang melawan pandemi COVID-19.

Ia pun menyiapkan empat fokus kerja di tengah pandemi, yaitu pertama adalah bidang kesehatan dengan sasaran bisa mendorong pemulihan kesehatan serta indrusti kesehatan di Indonesia. Kedua pemulihan ekonomi nasional dan daerah, dengan mengutamakan pemulihan di daerah terlebih dahulu.

Ketiga mengembangkan kewirausahaan serta potensi pengusaha, salah satunya memaksimalkan peran digital, dan keempat memperbaiki internal Kadin agar menjadi organisasi yang lebih inklusif dan kolaboratif sehingga menjangkau banyak kalangan termasuk pengusaha mikro, kecil, dan menengah.

Sementara itu, Ketua umum Kadin Maluku Muhammad Armyn Syarif Latuconsina mengatakan kolaborasi merupakan harapan baru dan menjadi langkah penting dalam menghadapi tantangan ekonomi yang kian berat akibat pandemi COVID-19.

Ia menjelaskan, Maluku mempunyai kepentingan untuk pembangunan Ambon New Port yang siap dijadikan sebagai penunjang Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan pembangunan infrastruktur ekonomi lainnya.

“Pembangunan ekonomi di Maluku tidak bisa berjalan sendiri, harus diselesaikan dengan kolaborasi semua pihak, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemda Provinsi, dan swasta melalui Kadin Daerah,” ujarnya. (an)

Bule Australia yang Aniaya Supir di Sentral Parkir Dideportasi

BADUNG, Balinews.id – WN Australia berinisial MJF (25) dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus…

April 27, 2021

Kepulangan Jenazah Putu Satria Ananta Rustika di Bali Diselimuti Isak Tangis

KLUNGKUNG, Balinews.id – Kedatangan jenasah Putu Satria Ananta Rustika atau yang akrab disapa Rio (19)…

April 27, 2021

Tiba di Bali, Jenazah Putu Satria Ananta Rustika Akan Dititipkan di RSUD Klungkung

KLUNGKUNG, Balinews.id – Jenazah Putu Satria Ananta Rustika, taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta,…

April 27, 2021

Fakta Baru Terungkap Pada Kasus Pembunuhan Wanita PSK Dalam Koper di Bali

BADUNG, Balinews.id  – Sejumlah fakta baru terkait pembunuhan RA (23) di kamar kos wilayah Kuta,…

April 27, 2021

Jenazah Putu Satria Ananta Rustika Akan Dipulangkan ke Bali Besok

KLUNGKUNG, Balinews.id – Setelah proses autopsi selesai, jenazah Putu Satria Ananta Rustika (19), taruna tingkat…

April 27, 2021