Balinews.id

Usai Jalani Vonis Kasus Narkoba, WN Rusia Segera Dideportasi

WNA asal Rusia berinisial AP (35) dilimpahkan ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai untuk menunggu proses deportasi. (Istimewa)

BADUNG, Balinews.id – Setelah menjalani hukuman akibat kasus narkoba, seorang WNA asal Rusia berinisial AP (35) kian dilimpahkan ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai untuk menunggu proses deportasi. Ia telah dijemput dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kerobokan.

AP pertama kali memasuki Indonesia pada tanggal 25 Desember 2016 melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan menggunakan multiple entry visa, dengan tujuan wisata. Namun, pada tanggal 6 Januari 2017, AP ditangkap oleh pihak kepolisian di Kantor Pos Sunset Road karena menerima paket yang berisi narkoba.

Ia dijatuhkan hukuman 10 tahun penjara pada tanggal 2 Agustus 2017.  Setelah menjalani masa hukumannya, AP kini bebas dan berada di Ruang Detensi Kantor Imigrasi Ngurah Rai, menunggu proses deportasi.

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Suhendra, menjelaskan bahwa penjemputan WNA yang telah bebas dari lembaga pemasyarakatan merupakan salah satu langkah yang diambil untuk memastikan penegakan hukum yang konsisten.

“Kami menginginkan agar WNA yang telah terbukti bersalah dan menjalani vonis hukumnya di Indonesia, setelah bebas dari lembaga pemasyarakatan, segera dideportasi dan dimasukkan dalam daftar penangkalan,” ujar Suhendra.

Lebih lanjut, Suhendra menegaskan komitmen Kantor Imigrasi Ngurah Rai dalam memastikan keamanan dan kedaulatan negara.

“Kami akan terus mengawasi proses deportasi AP untuk memastikan kepatuhan terhadap prosedur hukum yang berlaku, serta menjaga kedaulatan negara dari ancaman gangguan yang mungkin ditimbulkan oleh individu yang telah terlibat dalam kegiatan ilegal di Indonesia,” tambahnya.

Suhendra juga menyebutkan bahwa biaya deportasi akan ditanggung oleh yang bersangkutan. Langkah ini menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Indonesia. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

April 16, 2024

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

April 16, 2024

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

April 16, 2024

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

April 16, 2024

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

April 16, 2024