Balinews.id

Seputar Hepatitis Akut Yang Bisa Serang Orang Dewasa dan Menular via Udara, Begini Kata Ahli

Balinews.id – Kementrian Kesehatan (Kemenkes RI)  meningkatkan kewaspadaan dalam 2 pekan terakhir setelah WHO menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia. Penyakit ini masih misterius.

Ahli menjelaskan, belum ada penyebab pasti munculnya hepatitis akut sejak 15 April. Media penularannya pun masih misterius. Guru Besar UI sekaligus eks Direktur WHO Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama pun mengaku belum bisa memberikan penjelasan lebih apakah hepatitis ini bisa ditularkan anak ke orang dewasa.
Hepatitis Akut Bisa Serang Orang Dewasa dan Menular via Udara?

Dr. Hanifah Oswari, dokter spesialis penyakit anak RSCM. Foto: Dok. Youtube Kemenkes

“Sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang pasti tentang cara penularan hepatitis yang sekarang ini,” kata Tjandra yang dilansir Balinews.id dilaman Kumparan pada  Senin (9/5). Tjandra yang juga eks Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes ini menyebut, penelitian terus dilakukan oleh ahli dunia. Sebab, kasus masih ditemukan di sejumlah negara.
Lantas, apakah hepatitis akut ini berpotensi menjadi pandemi berikutnya setelah COVID-19?
“Cara penularannya saja masih diteliti. Termasuk bisa menular lewat udara atau tidak,” tutur Tjandra. Sebelumnya, dokter anak hanya menjelaskan, hepatitis akut ini menular lewat saluran napas. Maka protokol kesehatan yang berlaku selama ini, yakni pemakaian masker, mencuci tangan, dan menjaga kebersihan wajib terus dilakukan.
“Memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang dan tidak alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat,” kata Dr. Hanifah Oswari, dokter spesialis penyakit anak RSCM, dalam konferensi pers daring di Youtube Kemenkes, Kamis (5/5). (am)

Tim Thomas dan Uber Indonesia Berhasil Melaju ke Perempat Final

Tim bulu tangkis Indonesia berhasil melaju ke babak perempat final Piala Thomas dan Uber 2024.…

May 9, 2022

Mahasiswa Ditemukan Tewas Membusuk di Rumahnya, Ini Temuan Polisi

GIANYAR, Balinews.id – Seorang mahasiswa bernama Jerome Janes Mathew Putra (21) ditemukan dalam kondisi tak…

May 9, 2022

Gelar Rakor, Pemkot Denpasar Serius Tangani Penyebaran DBD

DENPASAR, Balinews.id – Pemerintah Kota Denpasar telah mengambil langkah serius dalam upaya pencegahan penyebaran Demam…

May 9, 2022

Video Klipnya Viral! Ini Lirik Lengkap Lagu di Bawah Lampu Milik Iqbaal

Balinews.id – Iqbaal Ramadhan sukses merilis tiga lagu baru dengan nama panggung BAALE. Dari sederet…

May 9, 2022

Pemkot Denpasar Kembali Adakan Pelatihan Keluarga Harapan Bagi 100 Orang KPM

DENPASAR, Balinews.id – Pemerintah Kota Denpasar kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ekonomi masyarakat melalui program…

May 9, 2022