Balinews.id

Dapat Tugas Baru, Luhut Kini Jadi Koordinator Percepatan Pergaraman Nasional

Dapat Tugas Baru, Luhut Kini Jadi Koordinator Percepatan Pergaraman Nasional. (Dok Istimewa)

 

Balinews.id – Lagi-lagi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan  mendapat tugas baru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia diminta untuk mengkoordinasikan rencana aksi percepatan pergaraman nasional.

Arahan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 126 Tahun 2022 tentang Percepatan Pembangunan Pergaraman Nasional. Beleid yang ditandatangani pada 27 Oktober tersebut mengatur peran pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan percepatan pembangunan pergaraman demi memenuhi kebutuhan garam nasional, baik untuk konsumsi dan maupun industri.
“Menteri yang menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi mengkoordinasikan pengendalian pelaksanaan rencana aksi percepatan pembangunan pergaraman nasional,” bunyi pasal 9 ayat 1 dalam aturan tersebut seperti dikutip Senin (7/11). 
Peran tersebut juga diatur dalam rencana aksi percepatan pembangunan pergaraman nasional yang ditetapkan untuk tahun 2022-2024. Selain itu, aksi percepatan pembangunan pergaraman nasional ini akan ditetapkan setiap lima tahun, dengan pendanaan berasal dari APBN, APBD, atau sumber lainnya yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
“Bahwa untuk pemenuhan kebutuhan garam nasional, perlu melakukan percepatan pembangunan pergaraman,” demikian bunyi konsideran aturan tersebut.
Dalam aturan tersebut pemerintah juga mewajibkan industri dalam negeri untuk menyerap garam produksi petambak garam dan badan usaha paling lambat tahun 2024. Untuk itu, industri yang wajib menyerap berasal dari pangan, penyamakan kulit, water treatment, pakan ternak, pengasinan ikan, peternakan dan perkebunan, sabun dan deterjen, tekstil, pengeboran minyak, farmasi, kosmetik dan kimia (chlor alkali). (*)

Tarif Parkir Baru di Kota Denpasar Mulai Berlaku Hari Ini

Denpasar, Balinews.id – Resmi per hari ini Rabu (1/5/24) Pemerintah Kota Denpasar melalui Perusahaan Umum…

November 7, 2022

Jasad Pria Ditemukan Dalam Kondisi Membusuk di Sukawati

GIANYAR, Balinews.id – Warga di kawasan Perumahan Teratai Nuansa Permai, Br. Mukti, Desa Singapadu, Kecamatan…

November 7, 2022

Mengapa 1 Mei Diperingati Sebagai Hari Buruh Internasional?

Balinews.id – 1 Mei dikenal sebagai Hari Buruh Internasional atau Hari Pekerja. Momen ini memperingati…

November 7, 2022

Yeh Buleleng, Produk Lokal Berusia 20 Tahun yang Masih Eksis

BULELENG, Balinews.id – Produk air minum dalam kemasan (ADK) “Yeh Buleleng” merayakan 20 tahun keberhasilannya…

November 7, 2022

Jokowi dan CEO Microsoft Sepakati Investasi 1,7 Miliar Dolar AS untuk Kemajuan Teknologi di Indonesia

NASIONAL, Balinews.id – Indonesia menerima kabar baik terkait dengan investasi teknologi yang signifikan dari Microsoft.…

November 7, 2022