Balinews.id

Purnama Kadasa, LSM Bli Braya Pentas Prembon Calonarang di Dua Pura

LSM Bli Braya pentas Prembon Calonarang dalam rangka rahinan Purnama Kadasa di Pura Desa Jagaraga dan Pura Desa Tamblang.

BULELENG, Balinews.id – Konsisten lestarikan seni dan budaya Bali, LSM Bli Braya kembali melaksanakan kegiatan ngayah Prembon Calonarang dalam rangka rahinan Purnama Kadasa di dua pura desa, yakni Pura Desa Jagaraga dan Pura Desa Tamblang.

Ketua LSM Bli Braya, Dr. Sukawati Lanang P Perbawa mengatakan bahwa kegiatan ngayah secara sukarela tersebut diselenggarakan pada tanggal 24 dan 26 Maret bersama 50 orang pragina yang sukses memukau para pemedek pura.

“Pementasan dimulai dengan pertunjukan barong, sisia, galuh liku, dan matah gede lalu diakhiri dengan tarian sakral langka, Pandung, yang melibatkan pertarungan antara karakter Pandung dan Rangda,” terang Lanang Perbawa.

Pria kelahiran Buleleng ini juga turut menari topeng sidakarya dan tarian Rangda. Menurutnya, acara tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat adat dan budaya Bali. Ia sangat suka menari topeng dan rangda, terutama dalam kegiatan mengayah di pura dan upacara pengabenan.

Usai kegiatan, beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua pragina dan masyarakat yang turut membantu dalam pementasan Prembon Calonarang ini. Terutama kepada prajuru dan Bendesa Desa Jagaraga serta Desa Tamblang yang memberikan kesempatan untuk ngayah dipura, sebagai bentuk dukungan terhadap visi misi untuk menjaga kelestarian adat dan budaya Bali.

Bendesa Jagaraga dan Bendesa Tamblang juga turut mengucapkan terima kasih kepada Bli Braya atas dedikasinya dalam menjaga keberlangsungan yadnya melalui pementasan Prembon Calonarang dan Dalem Sidakarya.

“Kami berharap semangat ini akan terus menginspirasi generasi muda untuk tetap mencintai dan melestarikan budaya Bali,” pungkasnya. (*)

 

 

Operasi Sikat Agung: 115 Kasus Kriminal di Bali Diungkap, Segini Total Barang Bukti yang Disita

DENPASAR, Balinews.id – Kepolisian Daerah Bali mengungkap sebanyak 115 kasus kejahatan dengan total 136 tersangka…

March 28, 2024

PDIP Akan Putuskan Sikap Sebagai Oposisi atau Koalisi Lewat Rakernas

Balinews.id – Ganjar Pranowo telah memilih menjadi oposisi pemerintahan Prabowo – Gibran. Sementara itu, PDIP…

March 28, 2024

Desa Sidakarya Gelar Pendataan Penduduk Non Permanen

DENPASAR, Balinews.id – Pemerintah Desa Sidakarya, Denpasar Selatan, Bali, menggelar pendataan non permanen sebagai langkah…

March 28, 2024

Viral! Youtuber Korea Diajak ke Hotel oleh Pejabat Kemenhub RI, Begini Nasibnya Sekarang

Balinews.id – Ramai di media sosial seorang Youtuber Korea Selatan bernama Jiah ditawari main ke…

March 28, 2024

Fans Sepak Bola Indonesia Rasis Pada Tim Guinea, PSSI Minta Maaf

Balinews.id – PSSI menyampaikan permintaan maaf pada federasi sepak bola Guinea atas tindakan rasis yang…

March 28, 2024