Balinews.id

Purnama Kadasa, LSM Bli Braya Pentas Prembon Calonarang di Dua Pura

LSM Bli Braya pentas Prembon Calonarang dalam rangka rahinan Purnama Kadasa di Pura Desa Jagaraga dan Pura Desa Tamblang.

BULELENG, Balinews.id – Konsisten lestarikan seni dan budaya Bali, LSM Bli Braya kembali melaksanakan kegiatan ngayah Prembon Calonarang dalam rangka rahinan Purnama Kadasa di dua pura desa, yakni Pura Desa Jagaraga dan Pura Desa Tamblang.

Ketua LSM Bli Braya, Dr. Sukawati Lanang P Perbawa mengatakan bahwa kegiatan ngayah secara sukarela tersebut diselenggarakan pada tanggal 24 dan 26 Maret bersama 50 orang pragina yang sukses memukau para pemedek pura.

“Pementasan dimulai dengan pertunjukan barong, sisia, galuh liku, dan matah gede lalu diakhiri dengan tarian sakral langka, Pandung, yang melibatkan pertarungan antara karakter Pandung dan Rangda,” terang Lanang Perbawa.

Pria kelahiran Buleleng ini juga turut menari topeng sidakarya dan tarian Rangda. Menurutnya, acara tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat adat dan budaya Bali. Ia sangat suka menari topeng dan rangda, terutama dalam kegiatan mengayah di pura dan upacara pengabenan.

Usai kegiatan, beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua pragina dan masyarakat yang turut membantu dalam pementasan Prembon Calonarang ini. Terutama kepada prajuru dan Bendesa Desa Jagaraga serta Desa Tamblang yang memberikan kesempatan untuk ngayah dipura, sebagai bentuk dukungan terhadap visi misi untuk menjaga kelestarian adat dan budaya Bali.

Bendesa Jagaraga dan Bendesa Tamblang juga turut mengucapkan terima kasih kepada Bli Braya atas dedikasinya dalam menjaga keberlangsungan yadnya melalui pementasan Prembon Calonarang dan Dalem Sidakarya.

“Kami berharap semangat ini akan terus menginspirasi generasi muda untuk tetap mencintai dan melestarikan budaya Bali,” pungkasnya. (*)

 

 

60 Guru di Buleleng Sandang Predikat Guru Penggerak

BULELENG, Balinews.id – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika menghadiri acara…

March 28, 2024

1100 Penari Meriahkan Pembukaan Naluriku Menari 3

Balinews.id – Dalam memperingati Hari Tari Sedunia yang jatuh pada 29 April 2024, Pemerintah Kota…

March 28, 2024

Bawa 4 Paket Sabu di Saku Celana, Sarep Diringkus Polisi

BADUNG, Balinews.id – Seorang pria berinisial SU alias Sarep (24) asal Probolinggo, Jawa Timur, ditangkap…

March 28, 2024

Tim SAR Temukan Jasad Bocah yang Tenggelam di Tukad Aya

JEMBRANA, Balinews.id –  Seorang bocah berinisial YM (13) sempat dilaporkan tenggelam di Tukad Aya, Kecamatan…

March 28, 2024

Polsek Kuta Amankan Bule yang Aniaya Sopir Travel

Balinews.id – Seorang sopir travel bernama Putu Arsana (45) mengalami penganiayaan yang dilakukan oleh sekelompok…

March 28, 2024