Balinews.id

5 Tips Agar Warna Baju Tak Luntur Ketika Dicuci

5 Tips Mencuci Agar Warna Pakaian Tak Mudah Luntur (sumber foto: Pexels/Saah Chai)

Balinews.id – Pakaian kesayanganmu warnanya tak sebagus saat membeli? Bisa jadi warna pakaianmu memudar karena proses mencuci yang kurang tepat.

Maka dari itu, saat mencuci pakaian berwarna kamu harus hati-hati. Agar tak salah, terapkan lima tips mencuci pakaian berwarna supaya terbebas dari luntur ini, deh. Dijamin berhasil!

Memilah Pakaian

Sumber foto: Rimma.co

Pisahkan dulu pakaian berwarna yang kamu pakai. Kenali bahan mana yang kerap luntur supaya tidak mengotori pakaian lain. Kamu tak ingin kan pakaian kesayanganmu yang lain malah rusak terkena warna lunturan pakaianmu yang lain?

Setelah dipisah, kamu harus mencuci pakaian-pakain tersebut secara terpisah juga dari pakaian berwarna putih. Ini karena

 

Mengecek Label

Simbol foto: Liputan6.com

Sebelum mencuci baju, cek terlebih dahulu label pakaian yang terdapat di dalamnya Di situ ada informasi mengenai cara membersihkan pakaian yang dianjurkan. Selain bisa menjaga kualitas pakaian, pun dapat membantu menjaga warna pakaian.

Anjuran yang biasanya terdapat pada label misalnya menghindari mencuci pakaian berwarna menggunakan air terlalu panas. Meskipun air panas efektif dalam menghilangkan beberapa noda, tetapi sangat tidak disarankan memakainya untuk mencuci secara rutin. Hal itu karena air bisa merusak struktur pakaian.

 

Gunakan Formulasi Detergen Yang Tepat

Sumber foto: CNN Indonesia

Saat mencuci, pakai detergen yang diformulasikan untuk pakaian berwarna supaya kotoran menghilang, baju bersih, dan wangi. Hindari mencampurkan semua produk mencuci untuk sembarang pakaian, apalagi jika produk dikhususkan untuk baju putih.

 

Jangan Memeras Pakaian Terlalu Keras

Sumber foto: Tribun Shop

Hindari memeras pakaian terlalu keras atau kasar agar serat pakaian tetap bagus dan warna pakaian tetap awet. Untuk meniriskan air pada pakaian cukup kamu lakukan dengan mengangin-anginkannya di tempat teduh terhindar dari paparan matahari langsung.

 

 

Diduga Mengantuk, Mobil Pick Up Terguling Hingga Nyemplung di Got

Tabanan, Balinews.id – Seorang pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur bernama Maridwan D. Obhetan (26)…

April 22, 2023

Kemenperin Batasi Impor Barang Elektronik, Kulkas – Laptop Masuk Daftar

Balinews.id – Dalam mendukung iklim usaha yang kondusif bagi industri elektronik nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin)…

April 22, 2023

Indonesia Kirim Wakil di Semua Sektor Bulu Tangkis pada Olimpiade Paris 2024

Jakarta, Balinews.id – Indonesia memastikan akan mengirim wakil pada semua sektor cabang olahraga bulu tangkis…

April 22, 2023

Kubu Prabowo Upayakan Rekonsiliasi

NASIONAL, Balinews.id – Calon Presiden sekaligus pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terus berupaya…

April 22, 2023

Viral Berita Kemdikbud Tetapkan Aturan Baru Tentang Seragam, Benarkah?

Balinews.id – Ramai diberitakan di media sosial dan beberapa portal berita online bahwa Menteri Pendidikan,…

April 22, 2023