Balinews.id

Daftar Negara di Dunia yang Alami Heatwave Sepekan Terakhir

Sumber foto: India Today

Balinews.id – Belakangan ini heatwave atau gelombang panas ekstrem terus menjadi perbincangan masyarakat dunia.  Selama seminggu belakangan, gelombang panas ekstrem melanda sejumlah negara di dunia, termasuk di kawasan Asia. Beberapa mengalami suhu yang lebih panas dari biasanya bahkan ada yang mencapai 40 derajat Celsius.

Menurut para ahli, gelombang panas yang berbahaya akan meningkat seiring meningkatnya krisis iklim. Dikutip dari Asia News Network, suhu di beberapa kawasan Asia tembus hingga 45 derajat Celcius. Suhu tertinggi terjadi di India 45 derajat Celcius, Thailand dan Myanmar, dan 42 – 43 derajat Celcius di Bangladesh, Laos, Vietnam, Nepal dan China.

Map showing predicted temperatures in Asia from the Global Deterministic Prediction System on April 19, 0900 GMT, as largest parts of the region experience a heatwave.

Jepang dan Korea

Gelombang panas ini menimbulkan berbagai masalah baru terhadap negara-negara yang belum siap menghadapinya. Setidaknya 13 orang meninggal akibat suhu panas di negara bagian Maharashtra di India barat, setelah menghadiri upacara penghargaan negara pada hari Minggu kemarin yang menarik diahdiri lebih dari satu juta orang.

Sedangkan di Filipina, di mana suhu mencapai 37 derajat Celcius, hampir 150 anak sekolah menengah di provinsi selatan ibu kota Manila mengalami heat stroke (kondisi dimana tubuh mengalami peningkatan suhu drastis hingga 40 derajat Celcius), setelah pemadaman listrik melanda sekolah mereka. Tujuh dari siswa pingsan dan dua harus dibawa ke rumah sakit. Heat stroke sangatlah berbahaya jika tidak ditangani dengan segera dapat menyebabkan kematian.

Sementara itu di Indonesia, suhu maksimum harian tercatat mencapai 37,2 derajat Celcius di stasiun pengamatan BMKG di Ciputat pada pekan lalu. Dikutip dari website BMKG, suhu rata-rata harian di Indonesia saat ini adalah 34 – 36 derajat Celcius.

Dilansir dari siaran pers BMKG, meskipun gelombang panas di kawasan Asia masih berlangsung, masyarakat tak usah panik namun tetap waspada. Hal ini karena fenomena suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun.

Curi Perhiasan, Bule Ukraina Dideportasi

Badung, Balinews.id – Seorang WNA asal Ukraina berinisial IG (35) dideportasi melalui Bandara Internasional I…

April 27, 2023

Kebakaran di Jalan Sutoyo Diduga Karena Korsleting Listrik

DENPASAR, Balinews.id – Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah yang berlokasi di Jalan Sutoyo no.…

April 27, 2023

Oleng dan Tabrak Pot Bunga Pembatas Jalan, Pria Asal Medan Tewas

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pengendara motor bernama Billy Indra Utama (33) mengalami kecelakaan tunggal di…

April 27, 2023

Presiden Iran, Ebrahim Raisi Dikabarkan Tewas Usai Helikoter Jatuh

GLOBAL, Balinews.id – Presiden Iran, Ebrahim Raisi, dilaporkan meninggal dunia di lokasi setelah helikopter yang…

April 27, 2023

3000 Keping Uang Kepeng dan Gagang Keris Lapis Emas di Pura Paibon Hyang Sedana Raib Dicuri

DENPASAR, Balinews.id – Aksi pencurian terjadi di  Pura Paibon Hyang Sedana, yang terletak di Jalan…

April 27, 2023