Balinews.id

Mengenal Makna Logo 60 Tahun Pramuka, Berbakti Tanpa Henti

Ilustrasi Logo 60 Tahun Pramuka. Sumber : Pikiran Rakyat

BaliNews.id– Setiap tahunnya hari Pramuka diperingati pada Tanggal 14 Agustus.Mengingat kembali sejarah pada 14 Agustus 1961, dilakukan pelantikan pengurus Gerakan Pramuka di Indonesia dan penganugrahan Panji-Panji Gerakan Pramuka kepada Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengkubowono IX.

Hal inilah yang membuat Hari Pramuka di Indonesia dirayakan setiap tanggal 14 Agustus.Pada tahun ini, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka secara resmi meluncurkan Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka.

Peresmian logo bersamaan dengan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2021 di Aula Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatikta, Cibubur, Jakarta, Selasa 09 Maret 2021.

Hal yang menarik, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mempersembahkan Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka bertepatan pula dengan Peringatan Hari Tunas Gerakan Pramuka pada 9 Maret. Tepatnya 60 tahun silam para pemimpin dari 60 lebih organisasi kepanduan di Indonesia meleburkan diri menjadi satu wadah yaitu Pramuka

Kemudian, Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Kwarnas Nomor 27 Tahun 2021 yang dikeluarkan pada tanggal 23 Februari 2021 lalu.

Dalam SK tersebut, Adapun makna dari Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka antara lain,

1. Warna Merah berarti berani dan kesatria, sedangkan putih berarti rela dan tulus dalam berbakti.

2. Angka 60 menunjukkan tahun puluh hadirnya Gerakan Pramuka, dengan angka “6” yang tangkainya menjadi kombinasi daun nyiur yang menunjukan kecintaan Pramuka pada tanah air.

3.Lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.

4.Tertera pula slogan “Berbakti Tanpa Henti,” yang tentunya bermakna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapanpun.

Kwarnas telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran baik Kwartir, satuan karya, satuan komunitas, dan gugus depan untuk menggunakan Logo 60 (enam puluh) Tahun Gerakan Pramuka di setiap kegiatan yang dilaksanakan tahun 2021

(ab)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

August 12, 2021

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

August 12, 2021

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

August 12, 2021

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

August 12, 2021

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

August 12, 2021