Tips Pintar Public Speaking Bagi Si Pemalu

Balinews.id – Jika kamu salah satu orang yang punya sifat pemalu, pasti kamu pernah merasakan rasa panik ketika diminta untuk berbicara di depan orang banyak. Padahal, mungkin kita sudah berusaha untuk menyiapkan apa yang ingin kita ungkapkan di hadapan orang-orang, tapi tetap saja suaramu tercekat di kerongkongan. Berikut beberapa hal yang bisa kamu terapkan jika ingin lancar dalam public speaking selain rutin berlatih.

Yakin Pada Diri Sendiri

Pertama yakinlah bahwa diri kamu bisa. Tanamkan mindset ini pada dirimu sebelum mencoba melakukan apapun. Kalau kamu tidak yakin, bagaimana kamu bisa memulai untuk berani berbicara di depan public bukan?

Anggaplah Kamu Berbicara Dengan Udara Kosong

Anggaplah kamu sedang berbicara di ruangan kosong. Hanya ada dirimu disana, jadi kamu tidak perlu khawatir jika kamu salah mengucapkan kata atau tiba-tiba blank di tengah-tengah berbicara. Buat dirimu sesantai mungkin dengan menganggap tidak ada siapapun yang melihatmu.

Pilih Kata-kata Simple

Pilihlah padanan kata dan bahasa yang enak didengar semua umum. Simple, tidak usah bertele-tele agar kamu tidak susah mengingatnya dan lebih mudah menyampaikannya.

Berpenampilan Rapi dan Nyaman

Tidak hanya persiapan mental, penampilan juga penting ketika ingin berbicara di muka umum. Pilihlah pakaian yang rapi dan nyaman kamu kenakan sehingga konsentrasimu tidak terpecah memikirkan pakaian yang melorot atau kurang pas dibadanmu ketika berbicara di hadapan orang-orang.

Baca Juga Warna Pakaian Yang Bikin Pemilik Kulit Gelap Makin Cantik

Jangan Berpikir Malu, Hadapi!

Hadapi rasa takutmu, hal yang akan kamu lalui tidak semenakutkan apa yang ada di dalam pikiranmu. Percayalah bahwa kamu bisa melakukan yang terbaik, walaupun ada kesalahan jangan berkecil hati.

Fokus

fokus

Fokus pada apa yang ingin disampaikan (sumber foto: Cottonbro Studio/Pexels)

Semakin kamu fokus, kamu dapat lebih mudah untuk menyampaikan hal yang ingin kamu sampaikan. Ingatlah semua hal-hal yang telah kamu latih sebelumnya. Tidak usah untuk memikirkan apa yang akan terjadi, karena itu hanya membuatmu semakin takut untuk berbicara.

 

Jika Melakukan Hal Memalukan Jangan Panik

Meskipun kamu sudah berusaha sebaik mungkin, mungkin saja tetap ada kesalahan-kesalahan kecil yang kamu lalukan. Tak apa! Pertama jangan panik, jika mereka mentertawakanmu ikutlah tertawa. Anggaplah kamu sedang melontarkan lelucon kepada orang-orang. Lalu tersenyumlah dan meminta maaf akan kesalahan yang kamu sampaikan. Terakhir! lanjutkan pembicaraanmu.

 

Membiasakan Menjadi Si Pembuka Obrolan

Berbicara dengan orang lain

Tidak ada salahnya menyapa dan mengobrol kecil dengan orang-orang baru yang kamu temui (sumber foto: Ketut Subiyanto/Pexels)

Tips kecil untuk kamu yang pemalu dan pendiam, cobalah untuk mengajak siapa saja berbicara duluan. Bukalah dengan obrolan-obrolan ringan seperti  bertanya tentang kabar, cuaca, atau apa saja yang terlintas dipikiranmu. Dengan begitu suasana hatimu akan lebih baik dan berpikir jika berbicara dengan orang lain tidaklah begitu menakutkan. Jangan lupa untuk sereing latihan ya! (an)

 

Press ESC to close