Simak Disini! 5 Cara Mudah Menulis Skrip Podcast Yang Baik

Balinews.id – Dewasa ini, podcast menjadi salah satu media yang semakin populer di kalangan masyarakat dengan jumlah pendengar dan podcaster yang terus meningkat. Karena menarik, banyak orang ingin menjadi podcaster karena membuat podcast bisa dibilang sangat mudah dan praktis. Namun, walaupun begitu, ada beberapa tahap pembuatan yang sebenarnya agak menantang bagi banyak podcaster. Salah satu di antaranya adalah penulisan skrip.

Menulis skrip podcast merupakan tahap penting dalam proses pembuatan podcast. Skrip podcast nantinya akan menjadi pondasi atau dasar cerita yang akan kamu bawakan dalam podcast-mu nanti sehingga hal ini perlu kamu perhatikan dengan sungguh-sungguh. Seperti dalam drama audio siniar Tinggal Nama persembahan Medio Podcast Network by KG Media dengan tautan akses dik.si/PodcastTinNam yang mengisahkan sederet peristiwa pahlawan hingga cerita misteri bergenre true crime.

Podcast dapat berbentuk monolog hingga wawancara. Maka diperlukan pengetahuan untuk membuat skrip podcast yang baik. Berikut adalah lima langkah dalam menulis skrip podcast yang bisa kamu praktikkan. Dilansir dari Kompas, berikut langkah mudah menulis skrip podcast yang baik :

1. Tentukan topik.

Kamu tidak hanya perlu memastikan bahwa topik yang kamu pilih sesuai dengan minat dan kemampuanmu sendiri, tetapi juga sesuai dengan target pendengar yang ingin kamu tuju. Misalnya, jangan sampai kamu ingin membahas topik podcast tentang psikologi klinis, tetapi kamu sendiri tidak punya latar belakang keilmuan yang sesuai.

2. Buat struktur skrip.

Outline kurang lebih adalah garis besar cerita yang akan kamu bawakan nanti, termasuk subtopik dan detail-detail yang akan dibahas. Pastikan untuk menyusun outline dengan logis dan runtut sehingga pendengarmu akan cepat paham terhadap informasi yang akan kamu sampaikan.

3. Lakukan riset dan carilah sumber informasi yang berkaitan.

Pastikan bahwa kamu mengumpulkan sumber-sumber yang terpercaya dan relevan dengan topik yang akan dibahas.  Selain menjaga kebenaran dan keaslian isi podcast-mu, riset yang mendalam akan membantumu dalam menyusun skrip yang lebih rapi, terstruktur, dan memiliki nilai tambah bagi audiens.

4. Sesuaikan skrip dengan durasi podcast.

Keringkasan adalah kunci agar informasi yang kamu sampaikan bisa meresap ke benak pendengarmu. Pastikan skrip yang kamu tulis sesuai dengan durasi podcast yang telah ditentukan. Ingat, ya! Jangan terlalu panjang atau terlalu pendek agar podcast-mu tidak membosankan dan bertele-tele.

5. Sunting dan perbaiki skrip sesuai kebutuhan.

Setelah selesai menulis skrip, jangan lupa untuk menyunting dan memperbaiki drafnya sesuai kebutuhan. Tidak ada tulisan yang sempurna sejak draf pertama, jadi jangan segan-segan untuk meluangkan energi tambahan untuk menghasilkan draf kedua, ketiga, atau bahkan yang keempat jika memang masih dibutuhkan.

Yang jelas, kamu harus memastikan skrip yang kamu hasilkan terdengar natural dan mudah dipahami oleh pendengar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa menulis skrip podcast yang berkualitas dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Press ESC to close