Resep Kerupuk Ladrang Bali Mudah, Bisa Jadi Ide Jualan

kerupuk ladrang

kerupuk ladrang mudah dan enak (sumber foto: cookpad)

Balinews.id – Cemilan kerupuk ladrang sangat disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Kerupuk ladrang sangat cocok dinikmati sambil menonton film sambil berkumpul bersama keluarga. Kamu akan dengan mudah menjumpai keripik ladrang di warung-warung kecil di Bali. Namun, jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah bisa banget kok. Yuk simak pada artikel ini!

 

Bahan-bahan Kerupuk Ladrang

  1. 1/2 kg tepung terigu
  2. 1 butir kemiri
  3. 2 pcs telur
  4. Seledri secukupnya
  5. 4 siung bawang putih
  6. 2 iris kunyit
  7. Penyedap rasa secukupnya
  8. Garam secukupnya
  9. 1 sdm margarin
  10. 150 ml air minum
  11. Minyak secukupnya.

 

Langkah Pembuatan

1. Membuat Bumbu Halus

Siapkan bumbu halus terlebih dahulu. Caranya, uleg bawang putih, kemiri dan kunyit menjadi satu. Kunyit diperlukan untuk memberikan warna kuning alami pada keripik ladrang.

2. Campur Bumbu Dengan Adonan Tepung

Campurkan tepung terigu bersama bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Lalu tambahkan telur dan seledri yang sudah diiris tipis. Cairkan sedikit mentega dan tambahkan di atas adonan. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit, garam atau penyedap rasa secukupnya. Aduk adonan hingga tercampur rata dan uleni hingga kalis. Diamkan sebentar.

3. Mencetak Ladrang

Setelah adonan sudah tercampur merata dan kalis, ratakan adonan hingga tipis dengan roller atau botol kaca. Iris tipis adonan berbentuk persegi panjang.

5. Goreng

Langkah terakhir, panaskan minyak lalu goreng adonan tadi. Pastikan api tidak terlalu besar agar warna ladrang merata dan rasanya tidak terlalu pahit. Agar keripik ladrang tetap awet dan gurih, kamu bisa menyimpannya ke dalam toples atau tempat tertutup, ya! Selamat mencoba. (an)

Press ESC to close