Rawan Gempa! Siapkan Benda Ini Untuk Antisipasi

Bencana gempa bumi

Indonesia Rawan Mengalami Bencana Gempabumi (sumber foto: PExels)

Balinews.id – Kemarin (13/12/2022) Bali diguncang gempa berulang kali dengan pusat gempa berada di timur laut Kabupaten Karangasem Bali. Gempa tersebut terasa hingga Kota Denpasar. Beberapa bangunan di kabupaten Karangasem mengalami kerusakan. Berkaca dari bencana gempa yang terjadi di cianjur, kita perlu melakukan menyiapkan diri. Salah satunya dengan menyiapkan diri dengan tas siaga bencana.

Tas siaga bencana merupakan tas yang berisi kumpulan barang-barang kebutuhan dasar rumah tangga yang dipersiapkan sebelum terjadi bencana dan diperlukan dalam keadaan darurat. Tas siaga bencana digunakan untuk bertahan dalam kondisi buruk setidaknya selama 72 jam (3 hari pertama). Untuk mempersiapkan tas siaga bencana, Anda tinggal menyimpan semua barang yang diperlukan ke dalam kantong plastik kedap air dan memasukkannya ke dalam tas ransel. Lalu apa saja barang yang diperlukan? Dilansir dari humas BMKG berikut barang yang perlu kamu siapkan.

 

Isi tas siaga bencana

Berikut barang-baramg penting yang wajib ada dalam tas siaga bencana (sumber foto: humas BMKG)

Obat-obatan dan Peralatan Sanitasi

Siapkan obat-obatan yang mungkin akan kamu butuhkan misalnya obat merah, obat demam, dan obat diare. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan sanitasi seperti handuk kecil, peralatan mandi, dan hand sanitizer.

 

Makanan

Siapkan makanan tahan lama dan botol minum air mineral untuk bertahan selama 3 hari. Makanan berupa biskuit, makanan kaleng dan mie instan bisa jadi makanan darurat yang kamu siapkan dalam tas siaga bencanamu.

 

Handphone, Charger, dan Powerbank

Handphone dan powerbank untuk menghubungi nomor kontak darurat juga penting. Jangan lupa untuk mencari dan menyimpan nomor kontak darurat Pemadam Kebakaran, BPBD, dan BMKG di daerahmu untuk keadaan darurat. Nomor kontak BPBD Bali (0361) 251177, BMKG Bali dan Denpasar (0361) 751122 & (0361) 226157

 

Dokumen Penting

Sering kali terlupa, masukkan dokumen-dokumen penting seperti akta, ijazah, sertifikat ke dalam bungkus kedap air. Selain itu kamu juga bisa menyiapkan dokumen tersebut dalam bentuk softcopy yang kamu simpan dalam media flashdisk atau cloud untuk antisipasi dokumen-dokumen tersebut hilang dan rusak ketika terjadi bencana.

 

Uang Cash

Selalu sediakan uang cash yang cukup untuk membeli kebutuhan selama keadaan darurat. Kamu tidak bisa mengandalkan uang digital karena bisa saja aliran listrik dan internet mengalami gangguan setelah bencana terjadi.

 

Pakaian

Pakaian lengkap juga harus kamu siapkan paling tidak untuk bertahan selama 3 hari. Pilihlah pakaian berbahan katun dan berlengan panjang untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang kurang baik ketika bencana terjadi.

 

Senter

Jika aliran listrik padam setelah bencana terjadi, maka kamu akan membutuhkan alat bantu penerangan lain seperti senter. Pilihlah senter yang menggunakan baterai ketimbang senter dengan sistem charge. Jangan lupa untuk sediakan baterai cadangan.

 

Peluit

Peluit berguna untuk meminta pertolongan. Misalnya jika kamu terjebak di dalam bangunan, kamu bisa meniup peluit tersebut untuk memberitahukan petugas di luar sana bahwa ada seseorang yang terjebak di dalam bangunan. Suara peluit akan mempermudah petugas untuk menemukanmu.

 

Radio

Biasanya internet akan mengalami gangguan setelah bencana terjadi, nah untuk selalu update informasi terkait bencana tersebut kamu bisa memanfaatkan frekuensi radio. (an)

Press ESC to close