Nggak Hanya Wanita, Pria Juga Butuh Skincare

Balinews.id – Saat ini masih banyak yang memandang sebelah mata jika laki-laki menggunakan skincare. Orang-orang beranggapan, jika skincare dan makeup itu adalah milik kaum hawa. Stigma ini membuat para laki-laki enggan dan malu jika ketahuan menggunakan skincare. Padahal, skincare itu penting tanpa memandang jenis gender. Skincare bertujuan untuk merawat kulitmu agar tetap sehat. Lalu skincare apa saja yang dibutuhkan laki-laki? Kamu bisa mulai dengan basic skincare terlebih dahulu. Apa saja urutannya, yuk kita cek sama-sama.

 

1. Cleanser

Cleanser

Cleanser wajah (sumber foto: Cottonbro Studio/Pexel)

Facewash atau sabun wajah saja tidak cukup lho untuk membersihkan wajahmu, apalagi jika sering berada di luar ruangan. Cleanser bermanfaat untuk mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah kamu setelah seharian beraktivitas. Jerawat yang muncul di kulitmu bisa jadi dikarenakan kurangnya kepedulian kamu akan membersihkan wajah. Kamu bisa mendapatkan produk cleanser di minimarket dengan mudah. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Ambil kapas lalu tuangkan cairan toner di atas kapas, kemudian usapkan ke seluruh bagian wajah dan lihat seberapa kotornya kapas itu.

 

2. Facewash

Jangan pernah menggunakan sabun badan sebagai sabun wajahmu! Kandungan yang lebih keras pada sabun badan akan membuat kulitmu sangat kering. Gunakan produk sabun yang memang ditujukan untuk wajah. Face wash berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran yang masih tertinggal setelah kamu membersihkan wajahmu dengan cleanser.  Proses ini bermanfaat untuk benar-benar memastikan bahwa kulitmu bersih dari segala macam kotoran yang ada di wajah.

 

3. Toner

Toner Wajah Viva

Toner Wajah Viva dengan Harga Terjangkau (sumber: Bukalapak)

Toner adalah produk yang digunakan setelah kamu selesai mencuci wajah. Toner berfungsi untuk untuk menyegarkan wajah, menyeimbangkan pH dan juga menghidrasi serta menutrisi kulit. Jangan sampai salah urutan dalam penggunaan toner ya. Kebanyakan orang menggunakan toner setelah menggunakan cleanser, padahal yang benar memakai face wash terlebih dahulu baru memakai toner. UNtuk menggunakan toner caranya cukup mudah, cukup tuangkan toner di telapak tangan lalu tepuk-tepuk ke bagian wajah secara merata.

 

3. Pelembab

Pelembab Wajah

Pelembab Wajah

Pelembab berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit kamu. Meskipun kulit wajahmu berminyak, kamu tetap perlu menggunakan pelembab kulit. Kulit yang berminyak bukan berarti kulit tersebut lembab.

 

4. Sunscreen

Cara pakai sunscreen

Cara Menggunakan Sunscreen (sumber foto: fimela)

Yang juga sangat penting adalah penggunaan sunscreen. Selain berfungsi untuk mencegah kulitmu terbakar sinar matahari, sunscreen juga penting untuk mencegah resiko terkena kanker kulit. Penggunaan sunscreen yang tepat adalah sepanjang 2 ruas jari dan digunakan secara berulang setiap 4 jam sekali.

 

Jika kamu rutin melakukan langkah-langkah ini, kulit wajahmu akan bebas dari jerawat dan terlihat lebih cerah. Selamat mencoba! (an)

Press ESC to close