Tahun 2022 Segera Berakhir Tapi Masih Belum Dapat Pekerjaan? Coba Perhatikan Ini

seorang wanita pusing karena tindak kunjung menemukan pekerjaan

Mungkin sudah ratusan lamaran pekerjaan yang kamu kirimkan namun tetap mendapat penolakan (sumber foto: Andrea Piacquadio/Pexels)

Balinews.id – Memperoleh pekerjaan memang gampang-gampang susah. Predikat menganggur memang momok yang menyeramkan bagi semua orang. Mungkin sudah berbagai banyak lamaran yang kamu kirimkan namun tidak kunjung mendapat panggilan. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan seseorang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Namun tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips di bawah ini agar setidaknya lamaranmu dilirik oleh perekrut.

 

Memilih Lamaran Sesuai Dengan Kemampuan

Meskipun kamu sedang frustasi karena belum juga mendapat pekerjaan, kamu tetap harus memilah-milah pekerjaan yang akan kamu lamar. Jangan sampai kamu melamar pekerjaan yang jobdesknya sama sekali tidak kamu ketahui. Selain membuang-buang waktu untuk mengirim lamaran, sudah dipastikan lamaranmu tidak akan diproses lebih lanjut oleh HRD.

 

Perhatikan CV

Jangan sekali-sekali mengirimkan jenis CV yang sama ke seluruh perusahaan dan pekerjaan. Usahakan selalu sesuaikan isi CV-mu dengan pekerjaan yang akan dilamar. Perhatikan juga kalimat-kalimat yang sudah kamu tulis agar tidak ada kesalahan penulisan. Ini akan mencerminkan dirimu sebagai orang yang teliti. Tuliskan pengalaman kerja, kemampuan, pengalaman organisasi yang mungkin ada kaitannya dengan pekerjaan yang kamu lamar. Gunakan desain CV sederhana bisa menggunakan format ATS atau kamu bisa menggunakan tools online canva untuk membuat CV-mu agar menarik.

 

Perhatikan Surat Lamaran

Selain memperhatikan isi CV, kamu juga perlu untuk menyesuaikan surat lamaran yang akan kamu kirim. Hindari untuk mengirim surat lamaran umum untuk seluruh pekerjaan. Sebaiknya dalam surat lamaran kamu coba ceritakan alasan kamu melamar dan pengalaman yang kamu miliki. Sehingga HRD lebih tertarik untuk mengenal dirimu.

 

Selalu Mengirimkan Pas Foto Terbaru

contoh pas foto lamaran kerja

Contoh pas foto lamaran kerja (sumber foto: unsplash)

Usahakan untuk mengirimkan pas fotomu yang terbaru untuk melamar kerja. Pasanglah foto tampak sampai pinggang atau dada saja dan hindari untuk potret full body. Gunakan pakain yang rapi (tidak harus putih) dan sedikit make up untuk membuat wajahmu lebih segar. Jangan pernah menggunakan foto yang diambil secara selfie. HRD akan menilaimu sebagai orang yang kurang profesional.

 

Melengkapi Profil di Portal Pencari Kerja

Jika kamu melamar pekerjaan dengan bantuan job portal, jangan lupa untuk melengkapi profilmu di situs pencari kerja tersebut. Banyak orang yang mengabaikan hal ini, padahal profilmu adalah yang paling pertama terlihat oleh HRD ketika kamu melamar pekerjaan melalui situs tersebut.

 

Selama menjadi jobseeker, tidak ada salahnya kamu mencoba hal lain untuk mengisi waktu misalnya menjalankan hobi yang menghasilkan uang atau mengikuti kegiatan komunitas untuk menambah relasi yang mungkin saja memiliki lowongan pekerjaan untukmu. Itu dia beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum mengirim lamaran pekerjaan. Sudahkan kamu menerapkannya? (an)

 

Press ESC to close