Balinews.id

Ketahuilah Ciri-Ciri Telur Berkualitas Baik

Telur ayam.

Balinews.id – Ciri telur yang berkualitas baik wajib diketahui oleh setiap orang, mengingat telur merupakan bahan makanan pokok yang kerap digunakan sebagai bahan dasar pengolahan makanan.

Selain itu, telur bisa jadi menu makanan harian, bahan dasar pembuatan kue dan berbagai kreasi kuliner lainnya

Ciri telur yang berkualitas baik

Menurut Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH), telur yang sehat memiliki sejumlah ciri di antaranya warna cangkang kulit telur sesuai jenis unggasnya. Untuk telur bebek berwarna biru dengan bobot 55-65 gram. Telur ayam lokal atau buras berwarna putih kecoklatan berbobot 40-50 gram.

Telur ayam arab berwarna putih seberat 45-55 gram. Telur ayam ras berwarna coklat seberat 50-60 gram. Telur ayam bibit kurang dari 50 gram. Telur sehat memiliki permukaan cangkang yang halus, mengilap, tidak retak dan tidak ada kotoran ayam, noda hitam maupun pengapuran.

Ciri telur yang baik juga bisa diamati menggunakan larutan garam. Telur yang baik akan tenggelam dalam larutan garam 10 persen sementara telur yang jelek akan mengapung karena banyak terdapat kantung udara. Banyaknya kantung udara pada telur mengindikasikan bahwa telur sudah berusia lama.

Saat dipecahkan, telur ayam yang baru dan masih sehat dikonsumsi akan memiliki batas tebal antara putih telur dan kuning telur yang jelas. Bentuk kuning telur tepat di posisi tengah putih telur dan bentuknya bulat.

Sementara telur ayam yang sudah lama sudah tidak begitu memiliki batas tebal antara putih telur dan kuning telur. Ada bercak darah atau benda asing di putih telur. Bentuk kuning telur di posisi pinggir putih telur dan bentuknya tidak lagi bulat. (*)

 

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

May 21, 2023

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

May 21, 2023

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

May 21, 2023

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

May 21, 2023

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

May 21, 2023