Cara Mudah Membiasakan Anak Membaca Buku

Kegiatan membaca buku untuk anak-anak

Kegiatan membaca buku untuk anak-anak (sumber foto: Cottonbro Studio/Pexels)

Balinews.id – Jika diminta memilih gadget atau buku, bisa dipastikan sebagian besar anak-anak akan menjawab untuk memilih gadget. Membaca buku, bisa menjadi hal yang membosankan bagi anak-anak. Padahal, banyak sekali manfaat membaca buku untuk anak-anak. Memang, saat ini informasi bisa didapatkan darimana saja dan tidak harus lewat membaca buku. Namun, membiasakan membaca lewat buku akan melatih kemampuan konsentrasi dan mengingat pada anak. Lalu bagaimana cara untuk membiasakan kebiasaan membaca itu? Mari kita simak.

 

Kenalkan Buku Sejak Ini

Meskipun belum bisa membaca, anak-anak tetap bisa dikenalkan pada buku

Meskipun belum bisa membaca, anak-anak tetap bisa dikenalkan pada buku (sumber foto: Pexels)

 

Usahakan mengenalkan kegiatan membaca buku sejak dini meskipun anak belum bisa membaca. Caranya dengan membacakan mereka buku cerita atau sekedar untuk melihat gambar-gambar pada buku cerita. Lama-kelamaan anak akan terbiasa dengan kegiatan ini dan akan mulai ingin bisa membaca isi buku sendiri.

 

Pilih Bacaan Ringan

Pilihlah cerita-cerita ringan yang sesuai dengan umur mereka. Bacaan yang ringan dan mudah dipahami anak-anak akan mengurangi kemungkinan anak bosan dalam membaca buku. Kamu bisa memberikan bacaan berupa buku dongeng tentang hewan-hewan.

 

Buku Bergambar

Buku dongeng untuk anak

Buku dongeng sangat untuk anak-anak (sumber foto: Lina Kivaka/Pexels)

Manusia adalah mahluk visual. Anak-anak apalagi usia masa pra-sekolah hingga tingkat sekolah dasar sangat mudah tertarik dengan hal-hal yang terlihat lucu dan menarik. Maka, pilihkanlah buku bacaan yang memiliki gambar ilustrasi berwarna. Kamu bisa pilihkan ensiklopedia, majalah-majalah, maupun buku cerita dengan ilustrasi gambar.

 

Membaca Bersama

Membaca buku bersama untuk meningkatkan komunikasi dengan anak

Membaca buku bersama untuk meningkatkan komunikasi dengan anak (sumber foto: Pexels)

Anak-anak sangat suka meniru tindakan orang dewasa. Maka dari itu, cobalah untuk memberikan contoh dengan ikut menemani mereka membaca. Cara ini lebih efektif ketimbang hanya menyuruh anak untuk membaca. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan keeratan komunikasi pada anak.

 

Biasakan Membaca Setiap Hari

Luangkan jadwal membaca buku setiap harinya misalnya selama 10 – 20 menit. Tak perlu berlama-lama agar anak tidak bosan karena tujuannya untuk membangun kebiasaan gemar membaca terlebih dahulu. Jika anak sudah mulai menyukai kegiatan membaca, otomatis durasi membaca yang dilakukan akan semakin bertambah. (an)

 

 

Press ESC to close