Cara Menabung Mudah Untuk Ibu Rumah Tangga!

 

Ibu berusaha menyiapkan makanan meskipun dana terbatas

Ditengah harga kebutuhan yang terus meningkat, ibu terus memutar otak agar keuangan keluarganya tetap cukup (sumber foto: Pexels)

Balinews.id – Mendekati pergantian tahun, hampir semua harga kebutuhan mengalami kenaikan. Kenaikan harga tersebut membuat pengeluaran yang makin besar. Untuk menyiasati hal tersebut, mau tidak mau kita harus berhemat dan menabung. Namun, menabung bukanlah hal yang mudah apalagi bagi ibu rumah tangga yang harus mengatur agar keuangan bisa mencukupi seluruh kebutuhan keluarga. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap bisa menabung meski sedang banyak pengeluaran.

 

Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja

Daftar belanja membantu untuk mengurangi pengeluaran tak penting (sumber foto: Pexels)

Buat daftar barang yang dibutuhkan selama seminggu maupun dalam sebulan. Kemudian perkirakan apakah ada barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan dikurangi pembeliannya. Selain itu, coba carilah barang pengganti yang memiliki harga lebih murah dibanding barang yang sering kamu gunakan. Hal itu juga bisa membantu untuk mengurangi pengeluaran sehingga sisa uang yang ada bisa ditabung.

 

Membagi Pos Pengeluaran

Setelah membuat perkiraan kebutuhan selama sebulan tadi selanjutnya kamu bisa membuat pos-pos pengeluaran. Bagilah uang bulanan sesuai dengan peruntukannya. Ketika kamu membutuhkan uang tersebut bilah sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan pada pos pengeluaran. Pembuatan pos pengeluaran bertujuan agar kamu mematuhi aturan keuangan yang sudah kamu buat. Jika salah satu pos pengeluaran terdapat uang yang tersisa, kamu bisa alokasikan uang tersebut ke tabungan.

 

Berbelanja Seminggu Sekali

Belanja mingguan

Belanja kebutuhan selama seminggu (sumber foto: Pexels)

Berbelanja seminggu sekali membuatmu lebih hemat waktu dan biaya perjalanan. Bayangkan jika setiap berbelanja kamu harus membayar uang parkir maupun ongkos kendaraan umum menuju tempat berbelanja! Jika mengurangi frekuensi pergi berbelanja, kamu bisa memanfaatkan uang ‘ongkos’ tadi untuk kebutuhan yang lain. Selain itu, berbelanja seminggu sekali membuatmu hanya membeli barang-barang yang memang benar dibutuhkan.

 

Kurangi Berbelanja Makanan Di Luar

Membeli makanan di luar boleh saja sesekali namun jangan sampai kamu lapar mata dan melwati anggaran yang sudah ditetapkan.

 

Tidak Selalu Hal Yang Dibuat Sendiri Harganya Lebih Murah

Kebanyakan orang berpikir jika membuat makanan atau barang sendiri akan membuatnya lebih hemat. Padahal, hal itu tidak selalu benar. Misalnya saja jika kamu memerlukan pakaian seragam sekolah baru, kamu lebih baik membeli pakaian jadi dibanding membeli kain untuk dijahit. Hal ini karena harga pakaian jadi jauh lebih murah dibandingkan ongkos menjahit. Jadi sebaiknya kamu perlu menghitung pengeluaran yang dibutuhkan sebelum memutuskan untuk membeli atau membuat sendiri.

 

Mengumpulkan Uang Receh

Uang receh

Mengumpulkan uang receh (sumber foto: Pexels)

Mengumpulkan uang receh kembalian belanja selama sebulan bisa jadi hasilnya lumayan. Ketika sudah terkumpul kamu bisa langsung menabungnya atau digunakan untuk kebutuhan mendadak lainnya.

 

Menjual Barang Tak Terpakai

Barang tak terpakai

Barang tak terpakai juga bisa diuangkan bahkan di tabung di bank sampah (sumber foto: Pexels)

Cek lemari dan sekitar area rumah apakah ada barang yang sudah tidak digunakan lagi? Misalnya kertas, botol, pakaian kekecilan atau barang elektronik rusak. Jika iya, kamu bisa merubahnya menjadi uang dengan menjualnya ke loak. Selain mendapat uang tambahan, rumah akan terasa lebih lega dan bersih.

 

Menabung di Awal Bulan

Menabung di awal bulan juga bisa jadi cara agar bisa menyisihkan uang. Kamu bisa sisihkan sedikit uang di awal bulan untuk ditabung. Berapapun nominalnya tidak masalah yang penting usahakan rutin menabung setiap bulannya.

 

Beberapa tips tadi bisa diterapkan oleh Ibu Rumah Tangga maupun pekerja yang menerima uang dengan nominal yang pasti setiap bulannya. Untuk penghasilan yang tidak tetap tiap harinya, caranya hampir sama. Kamu bisa membuat perkiraan rata-rata pengeluaran harian terlebih dahulu. Selanjutnya tetapkan berapa uang yang akan kamu sisihkan setiap harinya. Tak masalah jika nominalnya kecil, yang penting dilakukan setiap hari. (An)

 

cara menabung Menabung tips hemat

Informasi Redaksi: Lihat Disini | Laporkan Tulisan Lapor Disini

Press ESC to close