Cara Ampuh Menghilangkan Noda di Pakaian Dengan Bumbu Dapur

Mencuci Pakaian Bernoda

Mencuci Pakaian Bernoda dengan Bumbu Dapur (sumber foto: Julianna Arjes/Unsplash)

Balinews.id – Pakaian putih memang paling rentan terkena noda. Minyak, saus, pulpen, dan darah adalah noda yang paling sulit hilang jika terkena pakaian. Seringkali kita merasa kesal kalau baju putih kesayangan kita terkena noda lalu menggunakan pemutih pakaian untuk membersihkannya. Terkadang, bahan pemutih dapat merusak serat kain pakaian kita atau malah membuat baju menjadi berwarna kuning. Nah, untuk itu kamu bisa mencoba bahan dapur berikut yang lebih aman untuk menghilangkan noda pakaianmu.

 

Soda Kue

Selain untuk membuat kue, ternyata soda ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda pakaian. Caranya cukup mudah, campurkan soda kue dengan air sampai kental. Selanjutnya oleskan pasta tadi ke bagian pakaian yang terkena noda. Gosok dengan sikat gigi tapi jangan terlalu keras agar bahan pakaian tidak rusak. Tunggu kurang lebih 10-30 menit, bilas dengan air bersih lalu cuci pakaian seperti biasa.

Garam

Garam bisa digunakan untuk menghilangkan noda minyak, darah, atau saus di pakaian. Misalnya darah haid yang terkena pakaian dalam akan sangat sulit dihilangkan jika hanya dengan sabun cuci. Kamu bisa menggunakan garam untuk menghilangkannya. Caranya, rendam pakaian dalam air dingin lalu masukkan garam secukupnya. Tunggu 15 menit lalu cuci pakaian seperti biasa. Lain halnya jika baju terkena noda minyak, bubuhkan garam diatas noda tersebut dan diamkan. Garam akan menyerap minyak yang terciprat ke baju. Lalu cuci bersih dengan sabun. Cara ini hanya berlaku untuk noda minyak yang masih baru.

 

Cuka

Bahan dapur ini dinilai lebih aman daripada pemutih pakaian dari bahan kimia  karena dapat melembutkan kain secara alami. Bahkan, cuka putih efektif menghilangkan noda kuning dan bau keringat pada pakaian, noda jamur, serta memutihkan dan mencerahkan pakaian. Caranya, tambahkan secangkir cuka putih ke bilasan terakhir agar pakaian terasa lembut dan berbau segar.

 

Perasan Lemon

Air dari buah ini tak hanya segar ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan noda pakaian lho! Ini karena lemon memiliki kandungan asam yang sangat bagus sebagai penghilang noda. Caranya juga mudah, campurkan air perasan lemon sebanyak setengah cangkir ke dalam rendaman pakaian. Tunggu 30 menit lalu cuci seperti biasa. (an)

 

Press ESC to close