Balinews.id

5 Tips Menahan Rasa Ingin Jajan agar Tak Boros

5 Tips Menahan Rasa Ingin Jajan agar Tak Boros. Sumber: Pexels/Rulomx

Balinews.id – Tak bisa dipungkiri, sering kali kita merasa tergoda untuk melakukan jajan yang tidak perlu, dari makanan lezat di restoran favorit hingga barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Meskipun terlihat sepele, kebiasaan ini bisa membuat kacau keuanganmu. Untuk mengatasi hal ini, berikut beberapa cara efektif untuk mengurangi keinginan jajan yang kurang penting.

1. Kenali Pemicu Keinginan Jajan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi apa yang memicu keinginan untuk jajan. Apakah itu stres, bosan, atau hanya karena melihat iklan yang menggoda? Dengan mengetahui pemicu-pemicu ini, kamu dapat mencari cara untuk mengatasi atau menghindarinya, sehingga mengurangi dorongan untuk berbelanja secara impulsif.

 

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Menetapkan tujuan keuangan dapat membantumu tetap fokus dan menghindari godaan untuk jajan secara berlebihan. Misalnya, kamu ingin menabung untuk pergi berlibur ke tempat yang menjadi impianmu. Setiap kali ingin jajan, ingatlah bahwa ada yang lebih penting dari sekedar jajan!

 

3. Utamakan Kebutuhan Daripada Keinginan

Sebelum membeli sesuatu, coba ingat-ingat apakah itu benar-benar dibutuhkan atau hanya sebuah keinginan sesaat. Dengan memprioritaskan kebutuhan, kamu dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Atau kamu juga bisa membuat batasan nominal uang yang boleh kamu belanjakan untuk jajan dalam sehari. Jangan lupa untuk selalu stick on budget ya!

 

4. Berkomitmen pada Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis tidak hanya tentang memiliki sedikit barang, tetapi juga tentang mengurangi konsumsi berlebihan. Dengan mempraktikkan prinsip-prinsip minimalisme, kamu akan lebih mempertimbangkan setiap pembelian dan menghindari akumulasi barang-barang yang tidak perlu.

 

5. Gunakan Strategi Pengganti yang Sehat dan Murah

Saat kamu merasa ingin jajan, pertimbangkan untuk memberli yang lebih sehat dan murah. Dengan mencari alternatif yang lebih sehat dan murah, kamu dapat mengurangi keinginan untuk jajan yang tidak perlu. (*)

Tak Hanya Sekedar Hiburan, Ini Manfaat Membaca Novel yang Perlu Dipertimbangkan

INTERMESO, Balinews.id – Membaca novel seringkali dianggap sebagai hiburan semata bagi sebagian orang. Namun, ada…

June 13, 2024

Dikira Ngancam Pakai Pisau, Ternyata Pembuka Tutup Botol

DENPASAR, Balinews.id – Sepasang suami istri penjual nasi goreng di daerah Pemogan Denpasar Selatan mendapat ancaman dari…

June 13, 2024

Sempat Ngaku Sakit, Nyoman Panca Ditemukan Tewas Telanjang di Kamar Kos

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria asal Buleleng bernama I Dewa Nyoman Panca (54) ditemukan tak…

June 13, 2024

Bule Australia Dideportasi Akibat KDRT Dengan Istrinya yang Merupakan WNI

BADUNG, Balinews.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, melalui Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim)…

June 13, 2024

Ancam Pedagang Nasgor di Pemogan dengan Sajam, Pria Ini Akhirnya Minta Maaf

VIRAL, Balinews.id – Warganet dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan seorang pria membawa senjata tajam…

June 13, 2024