5 Tips Lulus SNMPTN Supaya Masuk Kampus Negeri Favorit

BaliNews.id-Untuk mendapatkan masa depan cerah, bisa dikatakan langkah awal yang bisa ditempuh adalah dengan masuk ke universitas dan jurusan favorit. Adapun kebanyakan kampus favorit itu adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Selain murah, banyak penawaran beasiswa, lulusannya juga oke. Jadi buat jaringan ke dunia kerja pun lebih mudah.

Adapun dalam memasuki PTN terdapat 3 jalur. Diantaranya adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Tentu kamu menginginkan diterima di universitas dan jurusan favorit dengan sekali jalur tes saja. Jika kebetulan kamu memilih jalur SNMPTN, tentu ada tips agar kamu bisa lolos. Beberapa diantaranya adalah:

BACA JUGA  Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja

 

1.Pahami jalur SNMPTN

Sistem, tata cara, dan ketentuan setiap jalur masuk perguruan tinggi tentu berbeda-beda. Tata cara SNMPTN jelas berbeda dengan Seleksi Mandiri. Nah, sebelum kamu melanjutkan tahap lebih lanjut, pahami dulu sistem, tata cara, dan persaratannya, ya!

Pastikan kamu memenuhi kriteria seperti yang sudah disaratkan. Pastikan juga kamu mulai menyicil persaratan agar nggak terburu-buru waktu hari pendaftaran resmi dibuka.

 

2.Memiliki prestasi

Memiliki prestasi tentu jadi poin plus kamu bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Prestasi ini nggak hanya seputar akademik saja tapi juga non akademik. Manfaatkan piagam dan sertifikat kejuaraan lomba yang sudah kamu kumpulkan dalam berkas SNMPTN. Nah, tentu kamu sudah memahami sistem dan sarat dalam SNMPTN. Agar piagam dan sertifikatmu bisa menolong, pilihlah jurusan yang sejalur dengan prestasimu tersebut.

BACA JUGA  12 Rekomendasi Template Microsoft PowerPoint yang Gratis & Menarik. Nggak Perlu Repot Bikin Sendiri!

 

3.Perbaiki nilai rapor

Nilai rapor juga jadi poin penting dalam penilaian kelolosan SNMPTN. Pastikan nilai rapor mu stabil dari semester pertama hingga akhir. Pastikan juga nggak ada nilai merah. Sebaliknya, rajinlah belajar agar nilai rapor mu selalu berada di angka 8 ke atas.

 

4.Rajin berlatih

Salah satu kunci keberhasilan lolos SNMPTN adalah sering berlatih soal-soal SNMPTN. Kamu nggak perlu kok ikut bimbingan belajar yang menghabiskan uang berjuta-juta. Jika kamu rajin berlatih dan memahami pembahasan jawaban, kamu akan selangkah lebih dekat pada universitas dan jurusan favorit.

 

5.Lihat prospek dan juga peluang

Sekeras apapun berusaha, kamu juga akan dihadapkan dengan yang namanya saingan dan peluang. Pasalnya, yang menginginkan jurusan favorit nggak hanya kamu saja, tapi ribuan siswa di luar sana. Sedangkan bisa jadi usaha yang mereka kerahkan lebih keras daripada kamu.

BACA JUGA  4 Cara Mahasiswa Menambah Penghasilan Tanpa Ganggu Kuliah

Pilihlah universitas favorit dengan jurusan yang peminatnya nggak sebanyak jurusan lain. Hal inilah yang saya lakukan dulu. Jadi memang bukan jurusan dengan pasing grade tinggi, tapi universitasnya ternama.

Sebenarnya bisa kuliah di PTN bukanlah hal yang mustahil buatmu. Kuncinya adalah paham bagaimana tips suksesnya. Selamat mencoba, ya!

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.(ap)

 

 

Facebook Comments