5 Alasan Akun Media Sosial Kamu Mudah Diretas

Ilustrasi sosial media. (dok. Austin Distel/Unsplash/Adhita Diansyavira)

BaliNews.id-Kita semua tahu bahwa hampir sebagian besar orang memiliki akun media sosialnya masing-masing. Namun, sayangnya hanya sedikit dari mereka yang mampu menjaganya dengan baik.

Akun media sosial sebenarnya sangat rentan terhadap peretasan, kamu sebagai pemilik harus tahu bahwa sedikitnya ada lima alasan mengapa akun media sosial kamu mudah sekali terkena hack. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1.Menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, contohnya tanggal lahir

Pexels.com/hitesh choudhary

Kata sandi dalam media sosial sangatlah penting untuk diperhatikan, fungsinya sebagai proteksi awal dalam menjaga keamanan akunmu. Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakan kata sandi terlalu sederhana dan mudah ditebak.

Contohnya adalah tanggal lahir, akun kamu bisa dengan mudah diambil alih oleh orang lain jika kata sandi yang digunakan sesederhana itu. Buatlah kata sandi yang sedikit rumit, tulis di sebuah kertas jika sewaktu-waktu kamu tidak ingat.

BACA JUGA  Hadirkan 'Live Rooms',4 orang bisa siaran langsung di Instagram

 

2.Menyepelekan fitur proteksi tambahan yang sudah disediakan

Pexels.com/Pixabay

Hampir sebagian besar media sosial menghadirkan proteksi tambahan demi keamanan akun, salah satu contohnya verifikasi 3 langkah. Tujuannya memang sudah sangat jelas, namun masih banyak orang yang malas menggunakannya.

Kita semua sadar bahwa proteksi tambahan akan membuat kamu sedikit kerepotan saat memasuki akun. Namun, hal ini sangat berguna untuk menghalau login yang mencurigakan dan membatasi akses untuk masuk ke dalam akun.

 

3.Masuk ke akun media sosial di tempat yang tidak resmi

Pexels.com/energepic.com

Banyak sekali situs web tiruan yang mengatasnamakan media sosial ternama sebagai pengecoh untuk mengurangi rasa curiga, tujuannya untuk mengambil alih akun yang kamu gunakan untuk login di situs tersebut.

BACA JUGA  Bangga! Karya Webtoon Populer Anak Muda Bali Yang Berjudul WARUNG

Makanya, selalu gunakan user name dan kata sandi akun media sosialmu di aplikasi dan situs web yang resmi atau setidaknya terpercaya. Jangan asal sembarang masuk, bisa jadi akun kamu diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

 

4.Mudah tergiur dengan hadiah palsu yang mengatasnamakan brand tertentu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Penipuan di zaman sekarang tidak hanya sebatas mengincar keuangan kita, tapi juga akun media sosial. Dia bisa mengatasnamakan brand tertentu dengan iming-iming hadiah yang menarik dengan persyaratan harus login pada link tertentu.

Hal ini kerap kali terjadi dan banyak orang yang kehilangan akunnya akibat mudah percaya. Meski terlihat menggiurkan, jangan asal sembarang mengikuti kuis atau event jika bukan pengumuman resmi dari pihak terkait.

BACA JUGA  Sudah Terlanjur Terkena Flu? Ini Cara Mudah Untuk Menghilangkannya

 

5.Menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun

Pexels.com/Pixabay

Penggunaan kata sandi yang sama untuk semua akun media sosial memang mempermudah kita untuk login. Namun, konsekuensinya adalah satu kali akun kamu terkena hack, semua akun kamu bisa hilang tanpa tersisa.

Hal ini cukup fatal untuk pengguna media sosial, apalagi tersimpan hal penting yang sifatnya sangat pribadi dan tidak untuk publik.

Itu dia deretan alasan mengapa akun media sosial kamu mudah sekali terkena hack. Lebih bijak lagi dalam penggunaan media sosial, jangan sampai privasi kamu yang sifatnya rahasia disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.(ap)

 

Facebook Comments

Redaksi

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id