Kalimat Cinta, Raya Dalam Rindu

BaliNews.id – Alunan musik gamelan sayup mulai mengalun. Aroma wewangian dupa semerbak menenangkan jiwa. Bunga – bunga warna warni tersenyum dalam setiap altar puja menyambut para Dewa. Raut – raut kegembiraan, canda dan tawa keluarga terdengar nyaring saling menyapa.

Para wanita bersolek dalam balutan keindahan kain dan kebaya. Bunga cempaka, kenanga, dan kamboja terselip di sanggul mereka. Menambah aura kecantikan wanita Bali saat hari raya tiba. Berjalan melenggak lenggok dengan menyuwun persembahan di atas kepalanya menyusuri jalan desa menuju rumah – rumah Dewa Dewi Sang Maha Pencipta.

Kalimat Cinta, Raya Dalam Rindu
Kalimat Cinta, Raya Dalam Rindu

Lelaki – lelaki tampan dalam busana kebesarannya, sigap membantu para wanita dalam bernyadya. Kain, saput, kemeja putih dan ikat kepala, itulah baju adat, baju kebesaran setiap lelaki bali. Ikat kepala yang menjadi ciri khas busana adat lelaki Bali. Ikat kepala yang akan menyulap wajah-wajah biasa mereka menjadi tampan dan luar biasa. Ikat kepala Bali yang diberi mana Udeng.

BACA JUGA  Kalimat Romantis Melukis Wajah

Dalam hiruk pikuk kegembiraan dan kebahagiaan penuh rasa syukur kepada Sang Pecinta atas semua karunia-Nya, aku ikut tersenyum. Meskipun di sudut hatiku yang terdalam ada setengah rasa perih. Aku merindukanmu lelaki berudengku. Aku merindukanmu lelaki tampanku. Dimanakah kau saat ini berada??

Kemana pun mataku memandang, hanya kutemukan pasangan – pasangan yang berlalu lalang bergembira menyusuri jalanan desa menuju rumah para Dewa. Membuatku semakin teringat padamu. Aku menunduk dalam keketiran, teringat saat-saat aku bersamamu memuja para Dewa dalam kebahagiaan. Kini kau telah pergi. Aku dalam kesendirian.

Oh Tuhan diantara puja puji syukurku hari ini atas semua pemberianmu. Aku selipkan sebuah doa dan harapan. Kapankah aku akan punya kesempatan lagi bersamanya. Tuhan,  tolong bawa dia lelaki berudengku itu kembali kepadaku. Aku rindu senyumnya, aku rindu mencuri pandang wajah tampannya saat dia sedang larut dalam puja. Aku rindu hari raya bersamanya. (ah)

BACA JUGA  Romantisme : Cerita Hati

Bali, 17 September 2020

Facebook Comments

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id