Balinews.id

Kubu Prabowo Upayakan Rekonsiliasi

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. (Istimewa)

NASIONAL, Balinews.id – Calon Presiden sekaligus pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terus berupaya merajut rekonsiliasi politik dengan kelompok politik di luar partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM). Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, upaya tersebut dilakukan karena belajar dari Presiden Joko Widodo yang mengajaknya bergabung ke pemerintahan setelah Pilpres 2019.

“Terutama bagaimana memupuk negara efektif, rapat-rapat yang efektif dengan para elite dan Pak Jokowi itu kan orang yang care,” ujar Habiburokhman di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, Kamis (11/4) sore, dilansir Kompas.com.

Pada 22 Maret 2024 lalu, Prabowo sudah bertemu dua tokoh yang sempat berseberangan dengannya pada pilpres lalu. Pertama, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang mendukung capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta.

Kedua, Prabowo juga bertemu mantan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno yang mendukung capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Adapun Sandiaga menyambangi kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, dalam momen Idul Fitri 1445 Hijriah, Rabu (10/4/2024) malam.

Pendekatan ke PDI-P dan PKB Saat ini, Gerindra tengah aktif mendekati PDI-P. Upaya itu pun tampaknya mendapatkan respons positif. Sebab, sejumlah kader elite PDI-P menyatakan keterbukaannya untuk menjajaki langkah pertemuan Prabowo dengan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri. Bahkan, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, telah menemui Megawati di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu.

Namun, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku belum mendapatkan informasi detail soal pertemuan itu.  Di sisi lain, berdasarkan keterangan Habiburokhman, Dasco saat ini juga menjadi komunikator antara Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Wakil Ketua DPR RI itu disebut telah berkomunikasi dengan semua elite PKB. Dikonfirmasi, Dasco tak menampik adanya hubungan baik dengan PKB.

Meskipun demikian, ia mengeklaim komunikasi terus dibangun dengan semua parpol di luar KIM. Namun, Dasco juga merasa tak ada hambatan dalam proses tersebut. Terakhir, ia menekankan belum bisa menyampaikan kepada awak media hasil komunikasi itu. Informasi itu akan diberikan setelah proses sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai.  (*)

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

April 12, 2024

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

April 12, 2024

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

April 12, 2024

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

April 12, 2024

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

April 12, 2024