Bali Akan Tambah Penerbangan ‘Direct Flight’ Dari 3 Kota di China!

Para wisatawan China tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali, Indonesia, hari Minggu 22 Januari 2023. (Foto: Voaindonesia)

Balinews.id – Usai pandemi berlalu, Indonesia menerima charter flight dari China untuk pertama kalinya pada Minggu (22/1/2023). Rencana tersebut bertujuan untuk menambah direct flight dari Negeri Tirai Bambu.  “Kita akan menambah direct flight, itu sudah diumumkan (maskapai penerbangan) Lion Group tidak hanya akan menambah charter flight tapi juga scheduled flight”. Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing secara hybrid, Selasa (24/1/2023).

Menurut keterangannya, sesuai dengan permintaan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) sebelumnya, terdapat tiga kota yang menjadi fokus tujuan direct flight ke dan dari Indonesia, yakni Beijing, Shanghai, dan Guangzhour. “Ini yang kita harapkan akan meningkatkan jumlah wisatawan dari Tiongkok,” imbuhnya.  Ia menjelaskan, rencana penambahan penerbangan langsung ini ditujukan untuk mencapai target kunjungan nasional 255.300 wisatawan asal China pada 2023.

Adapun dengan adanya penambahan maskapai penerbangan khususnya direct flight, target kisaran wisatawan asal China diperkirakan mencapai 2.000 hingga 2.500 orang per hari.  “Tentunya ini terbagi, enggak semuanya di Bali, tapi juga di Manado, Jakarta, dan ada yang masuk melalui Kepulauan Riau,” tutur Sandiaga.

Sementara itu, ke depannya direncanakan akan ada beberapa maskapai internasional maupun nasional yang melayani penerbangan langsung dari China dalam waktu dekat.  Selain Lion Air dan Batik Air, kata dia, akan ada beberapa maskapai berbasis China maupun maskapai dalam negeri lainnya.

Press ESC to close