BaliNews.id

3 Momen Yang Terjadi Usai Samurai Biru Mengalahkan Jawara Piala Dunia Brazil 2014

3 Momen Yang Terjadi Usai Samurai Biru Mengalahkan Jawara Piala Dunia Brazil 2014 (Sumber foto : FIFA)

Balinews.id Diluar dugaan, Timnas Jerman yang selalu dijagokan setiap ajang Piala Dunia terkena comeback oleh Timnas Jepang pada pertandingan matchday pertama Grup E Piala Dunia Qatar 2022 yakni Rabu, 23 November 2022 pukul 20:00 WIB.

Pertandingan Jerman vs Jepang pada Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, tuntas dengan skor 1-2 bagi kekalahan Der Panzer.  Pasukan Hansi Flick tersebut sejatinya membuka keunggulan terlebih dahulu melalui tendangan penalty Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan pada menit ke-33. Di babak kedua, Jepang lalu bangkit dan mencetak dua gol pada babak kedua lewat aksi Ritsu Doan (75′) dan Takuma Asano (83′).

Selain itu terdapat 3 momen yang terjadi di pertandingan malam hari kemarin. Berikut kami rangkum : 

Foto Menutup Mulut Timnas Jerman sebelum kick off pertandingan 

Aksi berfoto Timnas Jerman sebelum pertandingan dimulai (Sumber foto : Sportstar)

Sebelum kickoff dilakukan, seperti biasa, kedua tim yang akan bertanding melakukan sesi foto tim.

Sorotan tertuju pada kubu timnas Jerman. Manuel Neuer dan kawan-kawan terlihat menutup mulut mereka dengan tangan saat difoto. Dikutip dari ESPN, aksi itu adalah bentuk protes Tim Panser kepada FIFA terkait ban kapten pelangi “One Love” yang melambangkan dukungan kepada kelompok LGBTQ+ Beberapa waktu lalu, FIFA mengancam bakal menghukum tujuh negara Eropa, termasuk Jerman, jika memakai ban kapten pelangi di Piala Dunia 2022. FIFA sudah menetapkan aturan khusus soal ban kapten untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Ban kapten pelangi “OneLove” tidak tercantum dalam aturan FIFA tersebut. Di samping itu, Qatar, selaku negara tuan rumah Piala Dunia 2022, sudah melarang berbagai hal tentang LGBTQ+ yang bertentangan dengan nilai dan budaya mereka. 

Lima pemain Jepang yang menjadi starter pada laga ini juga bertanding di Jerman 

Timnas Jepang (Sumber Foto : Bola.Net) 

Lima pemain Jepang yang menjadi starter pada laga ini juga bertanding di Jerman, yakni 

  1. Ko Itakura (Borussia Moenchengladbach)
  2. Maya Yoshida (Schalke)
  3. Wataru Endo (Stuttgart)
  4. Ao Tanaka (Fortuna Dusseldorf)
  5. Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt). 

Selain itu, dua pemain cadangan yang mencetak gol juga bertanding di Jerman. Ritsu Doan membela klub Freiburg, sedangkan Takuma Asano memperkuat klub VfL Bochum. 

Aksi Antonio Rudiger yang seolah mengejek lari pemain Jepang

Di pertandingan ini, Antonio Rudiger dijadikan starter. Ia bermain bareng Niklas Sule, Nico Schlotterbeck, dan David Raum. Rudiger kerap jadi orang terakhir di lini pertahanan. Pada satu waktu di babak pertama, Jepang berusaha melancarkan serangan balik.

Mereka melepas bola panjang ke lini belakang. Bola lantas dikejar satu pemain Jepang. Rudiger tentu saja ikut mengejar bola ini dan akhirnya menang adu sprint. Namun ia kemudian melakukan hal yang mengejutkan: lari berjingkrak-jingkrak.

Aksinya ini tak enak untuk dilihat. Rudiger seakan-akan meremehkan lawannya yang ia kalahkan dalam adu sprint.

Namun demikian, skuad Jepang akhirnya jadi pihak terakhir yang bisa tertawa. Sebab mereka sukses mempermalukan Jerman. Rudiger sendiri bisa dibilang kualat karena telah meremehkan lawannya.