Daftar Bursa Calon Ketua Umum PSSI Jelang Kongres Luar Biasa

Dari kiri ke kanan : La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir & Doni Setiabudi (Sumber Foto : Sportstars.id, Bola.com & Bola Okezone)

Balinews.id – Jabatan Ketua Umum PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) Periode 2023-2027 kembali menjadi pembicaraan jelang diadakannya Kongres Luar Biasa induk sepak bola Indonesia. Berikut daftar calon Ketua Umum PSSI antara lain :

1. La Nyalla Mattalitti
La Nyalla Mattalitti merupakan orang pertama yang mendaftar sebagai calon Ketua Umum PSSI dengan menyerahkan berkas pada Jumat, 13 Januari 2023 siang. Pria yang kini menjabat sebagai Ketua DPD RI itu menyerahkan berkas-berkas di kantor PSSI didampingi sejumlah pendukung termasuk Presiden Klub Persiba Balikpapan Gede Widiade. Seperti yang kita ketahui La Nyalla merupakan Mantan Ketua Umum PSSI pada tahun 2015.
Kendati demikian, tetap saja sosok yang kerap disebut singkatan LNM itu mendapat sorotan. Netizen terperangah dengan kehadiran kembali La Nyalla yang dahulu kala ‘datang’ ke PSSI di tengah situasi panas dan penuh konflik. La Nyalla sebenarnya lebih dulu muncul di arena organisasi olahraga saat berada di Jawa Timur dan mengisi kursi Wakil Ketua KONI Provinsi Jatim. La Nyalla lantas menjadi Ketua Pengurus Provinsi PSSI Jawa Timur. Selanjutnya sosok yang kini menjadi Ketua DPD RI itu menjadi salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI di masa komando Djohar Arifin Husin pada periode 2011-2015.
Di zaman ‘geger geden’ PSSI tersebut, La Nyalla kemudian membuat federasi tandingan bernama Komite Penyelamatan Sepak Bola Indonesia atau KPSI. Saat itu KPSI pro kepada Indonesia Super League (ISL), dan PSSI mendukung Indonesia Premier League (IPL). Pada 2013 PSSI kembali bersatu, Djohar memimpin dan La Nyalla menjadi Wakil Ketua Umum. Dua tahun berselang La Nyalla terpilih menjadi Ketua Umum PSSI, namun umur kepemimpinannya singkat karena Kemenpora kemudian membekukan PSSI. Posisinya lantas digantikan Edy Rahmayadi yang terpilih dalam Kongres Luar Biasa pada 2016.

2. Erick Thohir
Dua hari setelah La Nyalla mencalonkan diri sebagai Calon Ketua Umum PSSI, Menteri BUMN, Erick Thohir turut mendatangi Kantor PSSI di GBK Arena pada Minggu, 15 Januari 2023. Erick Thohir terlihat datang dengan ditemani oleh beberapa figur tenar di kalangan sepakbola Indonesia seperti Direktur Persib Bandung, Teddy Tjahjono dan Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Kalangan selebritas yang terkait dengan sepakbola dalam negeri turut mengiringi langkahnya seperti Kaesang Pangarep, Raffi Ahmad dan Atta Halilintar. Erick Thohir bukan sosok yangbaru di sepakbola. Pria kelahiran Gunung Sugih, Lampung, 30 Mei 1970 itu kini sedang menjabat sebagai Menteri BUMN. Namun, ia punya pengalaman banyak di bidang olahraga. Erick Thohir pernah menjadi presiden Inter Milan dan mantan pemilik klub Amerika Serikat, DC United. Terkait sepakbola dalam negeri, Erick Thohir juga pernah menjadi wakil komisaris Persib Bandung dan kini menjadi pemilik Persis Solo. Di luar sepakbola, Erick Thohir juga pernah memiliki saham klub basket NBA Philadelphia 76ers dan kini masih menjadi pemilik klub basket Satria Muda Pertamina. Gurita bisnis Erick Thohir di bidang olahraga sempat membawanya menjadi Ketua Pelaksana Asian Games 2018 di Indonesia. Saat itu, Erick Thohir membuat pesta olahraga se-Asia itu berjalan lancar di Jakarta dan Palembang.

3. Doni Setiabudi
Senin, 16 Januari 2023, Doni Setiabudi resmi mendaftarkan dirinya sebagai Calon Ketua Umum PSSI dimana alasan beliau maju calon ketua federasi adalah keyakinan telah memenuhi syarat. Pasalnya, periode lalu sempat mengajukan diri tetapi tidak cukup syarat karena belum mencapai lima tahun pengalaman di sepak bola. Ia juga ingin membuktikan bahwa setiap warga negara Indonesia boleh mengajukan menjadi caketum dengan syarat pengalaman, integritas dan memahami manajemen sepak bola. Di dunia sepak bola, Donia Setiabudi adalah salah satu inisiator bergulirnya kompetisi Bandung Premier League (BPL). Nama Kang Jalu, sapaan akrabnya, semakin wangi di kalangan pecinta sepak bola usai menggagas teknologi Video Assistant Referee (VAR) di gelaran BPL. Ia juga sempat mencicipi jabatan Manajer AHHA PS Pati FC kini Bekasi FC. Namun dia mengundurkan diri karena gagal .memenuhi tanggung jawab kepada tim. Doni juga sempat  mendaftar sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2024. Sayang, ia tidak lolos verifikasi Komite Pemilihan karena tak memenuhi persyaratan Statuta PSSI. Sekarang, Doni Setiabudi kembali mengajukan diri sebagai Calon Ketua Umum PSSI di KLB mendatang. Doni menjadi calon ketiga setelah La Nyalla Mattalitti dan Erick Thohir.

Press ESC to close