Indonesia Raih Medali Emas Bulu Tangkis Perdana di ASEAN Para Games 2022

Balinews.id – Menjadi suatu kebanggan, Wakil Indonesia berhasil persembahkan medali emas pertama ASEAN Para Games 2022 dari nomor beregu putra para bulu tangkis. Medali emas didapatkan usai Indonesia kalahkan Thailand 2-0.

Hafidzh Briliansyah Prawiranegara/Hary Susanto mengalahkan wakil Thailand pada ajang ASEAN Para Games 2022 di UMS Edutorium, Minggu (31/7/2022) sore WIB.(Foto: Kompas.com/Mochamad Sadheli)

Squad Garuda sudah lebih dulu mengalahkan Vietnam 3-0 pada pagi hari ini. Karena tim dalam nomor ini hanya ada tiga dan menerapkan sistem round robin, maka kemenangan atas Negeri Gajah Putih memastikan Indonesia meraih medali emas. Perolehan tersebut sekaligus menyumbang emas pertama bagi kontingen Indonesia dalam pagelaran ASEAN Para Games 2022. Emas pertama Indonesia yang sangat berharga di ASEAN Para Games 2022 didapatkan dari para bulu tangkis.

Pertandingan berlangsung di Edutorium UMS, Solo, Minggu (31/7/2022) siang WIB, Indonesia mengutus Fredy Setiawan untuk melawan Kitichokwattana Chawarat pada pertandingan pertama. Kedua pemain tersebut memiliki kode disabilitas SL4. Fredy pun sukses menjawab kepercayaan yang diberikan pelatih padanya. Meski sempat tertinggal cukup jauh, dia berhasil mengamankan kemenangan di gim pertama dengan skor 21-19.

Pada set kedua, pemain berusia 30 tahun itu tampil sangat dominan sejak awal laga. Dia pun mengunci kemenangannya tanpa kesulitan dengan skor 21-12 dalam waktu 33 menit. Indonesia unggul 1-0 atas Thailand.

Kemudian, Tim Merah-Putih menurunkan Hafizh Briliansyah Prawiranegara (SU5)/Hary Susanto (SL4) sebagai ganda pertama. Mereka berhadapan dengan Chok-Uthaikul Watcharaphon (SU5)/Teamarrom Siripong (SL4).

Mereka  pun sukses mendapatkan emas untuk Indonesia. Mereka menang dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-13 dalam durasi 30 menit. Dengan skor 2-0 itu, Indonesia sudah dipastikan mengalahkan Thailand. Meski begitu, laga ketiga yang memainkan sektor tunggal putra kedua antara Dheva Anrimusthi dan Somsiri Pricha tetap digelar karena nomor ini menerapkan sistem round robin dan saat berita ini dibuat pertandingan ini belum dimulai.(am)

Press ESC to close