Indonesia Puncaki Klasemen Medali ASEAN Para Games 2022 Saat Ini

Balinews.id – Pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 kini memasuki hari kelima yang berlangsung di Solo. Menjadi suatu kebanggan bahwa kontingen Indonesia berhasil memperoleh banyak medali. Terbukti, Indonesia memimpin klasemen sementara dengan raihan 98 emas, 82 perak, dan 50 perunggu dengan total 230 medali.

ASEAN Para Games sudah berlangsung pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan dua tahunan khusus disabilitas tersebut. Hingga Rabu (3/8/2022) malam WIB, atlet-atlet Tanah Air berhasil mendominasi perolehan emas. Pasalanya Indonesia menempati posisi puncak dan memiliki selisih jauh dari Thailand di peringkat kedua.

Perolehan Medali Sementara Asean Para Games 2022

Perolehan Medali Sementara Asean Para Games 2022

KHingga saat ini,  para atletik menjadi penyumbang emas terbanyak untuk Indonesia dengan total 44 medali. Atlet tenis meja menempati peringkat kedua penyumbang medali emas untuk Indonesia dengan total 17 medali. Disusul cabang olahraga para renang dengan total 13 medali emas. Sementara blind judo menempati posisi keempat dengan menyumbangkan 7 medali emas untuk Indonesia.

Menyusul Indonesia, Thailand berada posisi kedua dengan total 174 medali dari 69 emas, 62 perak dan 43 perunggu. Diikuti oleh Vietnam di tempat ketiga dengan total 104 medali dari 39 emas, 34 perak dan 31 perunggu. Sedangkan posisi tiga terbawah ditempati oleh Kamboja di peringkat kesembilan dengan total 17 medali dari tiga emas, tujuh perak dan tujuh perunggu. Kemudian Brunei Darussalam menempati posisi ke-11 dengan total dua medali dari satu emas dan satu perunggu.

Sementara Laos menempati posisi dasar klasemen dengan total tujuh medali dari dua perak dan lima perunggu. Hingga hari kelima pelaksanaan ASEAN Para Games 2022, total 675 medali sudah dikumpulkan oleh negara-negara yang mengikuti ajang tersebut dengan rincian 260 emas, 224 perak dan 191 perunggu. Namun, data ini berbeda dengan perolehan medali di situs resmi ASEAN Para Games 2022, di mana Indonesia baru mengoleksi 86 emas, 65 perak, 50 perunggu. Sekjen INASPOC, Rima Ferdianto, menjelaskan perbedaan terjadi karena beberapa cabor masih belum menggelar upacara penghormatan pemenang (UPP) atau medal ceremony, sehingga belum masuk dalam hitungan data di situs resmi.

Menurut keterangan Rima pada Rabu (3/8/2022), untuk medal tally mengikuti data di web, karena medal tally di CdM ini meskipun belum medal ceremony tapi sudah dihitung. Sedangkan di web, yang belum medal ceremony belum dihitung. (Am)

Press ESC to close