Balinews.id

Fadil Imran Dorong PBSI Jadi Pelopor Laboratorium “Sport Science” di Indonesia

Foto atlet asal Indonesia sedang melakukan latihan persiapan untuk Denmark Open 2022 (Photo: Twitter/badminton.ina)

Foto atlet asal Indonesia sedang melakukan latihan persiapan untuk Denmark Open 2022 (Photo: Twitter/badminton.ina)

Jakarta, Balinews.id – Tren kompetisi olahraga dunia semakin mengarah pada pemanfaatan sport science, teknologi, dan big data. Hal ini pun membuat  PBSI (Persatuan Bulutangkis Indonesia) melakukan sejumlah inovasi agar Indonesia tetap berada di peringkat puncak panggung bulu tangkis dunia.

Ketua Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024 Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI) M. Fadil Imran menjelaskan bahwa Indonesia tak boleh ketinggalan pada pemanfaat sport science.

“Sekarang trennya ke arah sana. Ada sport science, teknologi analisis video, database. Kita tidak boleh ketinggalan. Talenta pemain adalah modal dasar. Ini harus dikembangkan dengan pendekatan yang modern, yakni penerapan sport science. Kita sudah mulai dan pelan tapi pasti
kita lihat hasilnya di tour Eropa ini,” ujar Fadil (27/03/24) saat mengomentari hasil final Swiss Open 2024 yang baru saja berakhir.

Di ajang Super 300 itu, Indonesia berhasil menjadi juara pertama pada ganda putri dari Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, serta juara dua di sektor ganda putra dari Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan di tunggal putri dari Gregoria Mariska Tunjung. Prestasi ini melengkapi pencapaian sebelumnya di All England dan Orleans Master.

Fadil melanjutkan, penerapan sport science nantinya menghasilkan pola latihan yang terukur serta dapat dipantau secara real time.

“Kita tidak bisa lagi bilang, si A mainnya lagi jelek, si B tidak bugar. Ukurannya apa? Di sini pentingnya analisis performa menyediakan data kuantitatif dan real time. Ini penting karena jadwal turnamen yang padat sepanjang tahun. Atlet kita harus mendapat program latihan,
bertanding, fisioterapi, nutrisi, dan recovery yang terukur sehingga penampilannya bisa stabil. Program itu dirancang per individu, karena tidak ada manusia yang sama,” tambah Fadil.

Agar bisa menerapkan sport science tersebut PBSI melibatkan pakar berpengalaman dari sejumlah kampus terkemuka. Sebut saja Profesor Nicolaas C. Budhiparama, dokter spesialis orthopedi dan 1 traumatologi lulusan Universitas Leiden, Belanda, menjadi direktur medis tim Olimpiade Paris 2024.

Selanjutnya ada ada Profesor Hamdi Muluk dan Profesor M. Enoch Markum yang merupakan guru besar psikologi Universitas Indonesia (UI), Lilik Sudarwati, Ketua Ikatan Psikologi Olahraga (IPO), dan dosen Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, M. Nanang Himawan Kusuma.

Menariknya, Lilik dan Nanang adalah mantan atlet yang pernah menjadi juara dunia junior pada 1987-1988 untuk ganda putri dan ganda campuran, Lilik merupakan anggota tim Piala Uber 1988 dan 1990 serta berpartisipasi di SEA Games dan Asian Games. Sementara, Nanang adalah atlet nasional lompat tinggi era 2000-an yang berhasil menembus peringkat ke-6 Asia pada 2004.

Fadil berharap dengan adanya kolaborasi antara PBSI dan para pakar maupun akademisi ini bisa mempelopori penerapan sport science di Indonesia.

“Tim Ad Hoc ini spiritnya gotong royong, kolaborasi, dan soliditas. Saya bersyukur dan berterima kasih para pakar dan akademisi dari kampus bersedia terlibat. Saya berharap kolaborasi ini dapat menjadi cikal-bakal laboratorium dan PBSI dapat menjadi pelopor sport science di Indonesia. Manfaat dan riset dan pengembangannya bisa dimanfaatkan oleh seluruh cabang olahraga. Tidak hanya untuk bulu tangkis. Pokoknya, untuk Merah Putih,” pungkas Fadil. (*)

Duo Pencuri Motor di Jalan Poppies Kuta Dibekuk, 1 Melarikan Diri

BADUNG, Balinews.id – Dua dari tiga komplotan pelaku pencurian motor yakni Dodi Andika (23) asal…

March 27, 2024

Diduga Mengantuk, Mobil Pick Up Terguling Hingga Nyemplung di Got

Tabanan, Balinews.id – Seorang pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur bernama Maridwan D. Obhetan (26)…

March 27, 2024

Kemenperin Batasi Impor Barang Elektronik, Kulkas – Laptop Masuk Daftar

Balinews.id – Dalam mendukung iklim usaha yang kondusif bagi industri elektronik nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin)…

March 27, 2024

Indonesia Kirim Wakil di Semua Sektor Bulu Tangkis pada Olimpiade Paris 2024

Jakarta, Balinews.id – Indonesia memastikan akan mengirim wakil pada semua sektor cabang olahraga bulu tangkis…

March 27, 2024

Kubu Prabowo Upayakan Rekonsiliasi

NASIONAL, Balinews.id – Calon Presiden sekaligus pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terus berupaya…

March 27, 2024