Balinews.id

Soroti Bulog Kanwil Bali, Nyoman Parta “Ini Urusan Kebutuhan Masyarakat, Bukan Minta Proyek”

I Nyoman Parta saat Raker Komisi VI DPR RI di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Rabu (13/3/24).

Balinews.id – Anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta menyoroti harga beras yang tinggi dan tidak sepenuhnya dapat dijangkau oleh masyarakat saat Raker Komisi VI DPR RI dengan Mendag Zulkifli Hasan, Dirut PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Frans Marganda Tambunan, dan Dirut Perum Bulog Bayu Krisnamurthi di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Rabu (13/3/24).

“Berikan mereka (petani)  harga yang bagus, Bulog harus beli itu karena persoalan konsumen harus kita lindungi, agar bisa menjangkau harga beras dan sembako. Itu tugas pemerintah,” ujar Parta.

Selain harga beras, Parta menjelaskan bahwa kesejahteraan petani juga menjadi hal penting. Menurutnya, selama ini kondisi petani yang memprihatinkan bukan semerta-merta hanya karena persoalan hama atau alam, tapi karena kurang tegasnya tata kelola perdagangan.

”Gara-gara hari inni harga beras mahal, kita ingin turunkan harga gabah petani itu konyol sekali,” tegasnya. Parta menegaskan bahwa petani semestinya diberikan harga yang bagus dan konsumen diberikan harga beras yang terjangkau agar seluruh rakyat dapat membelinya.

Selain itu, Parta mengatakan bahwa dirinya sempat berkomunikasi dengan pihak dirut. Politisi PDI Perjuangan ini juga menyayangkan kelalaian Direktur Utama Bulog Kanwil Bali yang sangat sulit untuk dihubungi.

”Kepala Bulog Bali sangat sulit diajak berkomunikasi, apa tidak bisa digeser saja? agar saya dapat berkomunikasi dengan mudah,” ucapnya. Ia menegaskan bahwa dirinya menghubungi Kepala Bulog Kanwil Bali bukan untuk tak meminta proyek, melainkan untuk menjamin kebutuhan beras masyarakat Bali.

“Saya menelpon bukan untuk meminta proyek, tapi untuk urusan bagaimana masyarakat Bali terpenuhi kebutuhan berasnya. Diajak komunikasi saja susah” pungkas Legislator asal Gianyar ini.

Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada klarifikasi resmi dari Kepala Pihak Perum Bulog Kanwil Bali, Sony Supriyadi terkait hal tersebut.

Kedepannya, Parta berharap ada ketegasan dari pihak Bulog agar dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dan kedepannya penyerapan beras petani lebih dimaksimalkan. Selain itu, Parta juga mengajak pihak eksekutif, BUMN yang membidangi masalah pangan, Bulog, serta RNI agar melakukan evaluasi terhadap ketahanan pangan untuk menjamin kebutuhan pokok masyarakat.

“Kepada Bulog, beli gabah petani. Kalau harganya (gabah petani) lebih mahal beli lebih mahal lagi. Harga gabah petani jangan diturunkan, karena mereka sangat berjasa terhadap kita, itu cara pemikiran yang penting dan jangan dibalik-balik,” tutupnya. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

March 14, 2024

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

March 14, 2024

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

March 14, 2024

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

March 14, 2024

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

March 14, 2024