Balinews.id

Kepala dan Wakil Otorita IKN Umumkan Mundur Dari Jabatan, Kenapa?

Berita mengejutkan datang dari Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe. Pasalnya, Kepala dan Wakil Otorita IKN ini mundur dari jabatannya, 2 bulan sebelum kepindahan ASN ke IKN pada Agustus mendatang. (sumber YT/Berita Satu)

NASIONAL, Balinews.id – Berita mengejutkan datang dari Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe. Pasalnya, Kepala dan Wakil Otorita IKN ini mundur dari jabatannya, 2 bulan sebelum kepindahan ASN ke IKN pada Agustus mendatang.

Hal itu disampaikan secara resmi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada hari ini, Senin (3/6/24).

“Ini terkait dengan kepemimpinan di Otoritas IKN. Di beberapa waktu yang lalu Bapak Presiden menerima surat pengunduran dari Pak Dhony selaku wakil Kepala Otoritas IKN,” kata Pratikno dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/6/2024).

“Kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai kepala Otoritas IKN,” sambungnya.

Pratikno menjelaskan bahwa hari ini Presiden Jokowi telah menerbitkan keputusan presiden (Keppres) tentang pemberhentian Bambang dan Dhony secara hormat.

“Nah pada hari ini telah terbit keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono sebagai kepala Otorita IKN dan juga bapak Dhony Rahajoe sebagai wakil kepala Otorita IKN. Disertai ucapan terimakasih terimakasih atas pengabdian beliau-beliau,” ujarnya.

Terkait alasan pengunduran diri, Mensesneg menyebut tak tahu. Hal ini lantaran dalam surat pengunduran diri keduanya tak dicantumkan alasan pengunduran diri.

“Tanya Pak Bambang. Tidak (tidak ada alasan dalam surat),” kata Pratikno.

Terkait pengunduran yang dinilai mendadak ini, Pratikno menyebut bahwa sebenarnya Wakil Otorita IKN Dhony Rahajoe telah mendiskusikan hal ini dengan Presiden Joko Widodo sejak lama.

Kini jabatan Kepala dan Wakil Otorita IKN akan diisi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Agraria dan Tata Ruang sebagai pelaksana tugas kepala dan wakil kepala Otorita IKN. (*)

Begini Harapan Ratusan Penyandang Disabilitas pada Ketut Juliarta

KLUNGKUNG, Balinews.id – Pada hari Minggu, 14 Juli 2024, ratusan penyandang disabilitas berkumpul di Sekretariat…

June 3, 2024

Tanggulangi Kejahatan Siber, Polri akan Rekrut 45 Perwira di Bidang IT

NASIONAL, Balinews.id – Maraknya serangan siber di tanah air membuat Polri berencana merekrut sumber daya…

June 3, 2024

Nyoman Parta Sukses Perjuangkan Hak Pekerja APS, Downgrade Status Resmi Dibatalkan

Balinews.id – Rencana perubahan status pekerja dari PKWTT/Permanent menjadi PKWT/Kontrak di PT Angkasa Pura Supports…

June 3, 2024

10 WN Tiongkok Diamankan Atas Dugaan Pelanggaran Izin Tinggal

BADUNG, Balinews.id – Sepuluh warga negara asing (WNA) asal Tiongkok ditahan oleh Kantor Imigrasi Kelas…

June 3, 2024

Berbuah Manis! Rencana Perubahan Status Pegawai PT APS Dibatalkan

Badung, Balinews.id – Sengketa terkait perubahan status ketenagakerjaan yang terjadi di Bandara Ngurah Rai akhirnya…

June 3, 2024