Kenapa Tanggal 5 Desember Diperingati Sebagai Hari Armada RI?

Ilustrasi Peringatan Hari Armada RI

Upacara peringatan Hari Armada RI Pada Tahun 2021 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya (sumber foto: https://koarmada2.tnial.mil.id)

Balinews.id – Tepat tanggal 5 Desember 2022, TNI Angkatan Laut Republik Indonesia memperingati Hari Armada RI yang ke-77. Peringatan Hari Armada ini dimulai dari perang untuk kemerdekaan Indonesia melawan para penjajah. Dilansir dari Kominfo Jatim, saat masa awal perang kemerdekaan, armada Indonesia belum lah secanggih saat ini.  Saat itu, kekuatan Armada masih berupa kapal-kapal kayu dan perahu dengan persenjataan yang sangat sederhana. Namun, hanya dengan berbekal armada yang sederhana itu, Armada RI berhasil melaksanakan berbagai operasi di laut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sejak pengakuan kedaulatan NKRI, Armada RI secara bertahap mulai menambah kekuatannya dengan menerima penyerahan kapal dari Belanda dan pengadaan dari negara-negara lain. Dengan kekuatan yang ada ini, Armada Rl telah berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII dan PRRI Permesta. Selanjutnya kekuatan laut sebagai suatu Armada berdasarkan Surat Keputusan Kasal No A 4/2/10 tanggal 14 September 1959 dikukuhkan menjadi Komando Armada RI dan diresmikan tanggal 5 Desember 1959.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRl Nomor : Kep. 171 / III / 1985 tanggal 30 Maret 1985 Armada RI dibagi menjadi dua kawasan wilayah kerja, yaitu Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep / 4033 / Xl / 1987/ tanggal 17 Nopember 1987, bahwa hari lahirnya Armada Rl ditetapkan pada tanggal 5 Desember, yang untuk selanjutnya disebut sebagai Hari Armada. (an)

 

Press ESC to close