Balinews.id

Jokowi Teken UU KIA, Ibu Melahirkan Bisa Cuti 6 Bulan

Ilustrasi ibu hamil. Foto:Shutterstock

NASIONAL, Balinews.id – Presiden Joko Widodo resmi menandatangani Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2024 tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) Pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan. Dalam UU ini, Ibu yang bekerja dapat mengajukan cuti melahirkan hingga maksimal 6 bulan.

UU tersebut diteken pada 2 Juli 2024. Dijelaskan dalam Pasal 4 Ayat (3) huruf a, ibu yang bekerja berhak mendapatkan cuti paling singkat adalah 3 bulan bila mengandung dan melahirkan anak.

Ibu melahirkan juga bisa mendapat 3 bulan cuti tambahan apabila terdapat masalah kesehatan pasca melahirkan yang terjadi pada ibu atau anak yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

Sementara itu diatur dalam Pasal 4 Ayat (3) huruf b bahwa seorang ibu yang mengandung dan mengalami masalah seperti keguguran juga berhak diberikan waktu istirahat selama satu setengah bulan sesuai dengan surat keterangan dokter, dokter kebidanan dan kandungan, atau bidan.

Dalam pasal selanjutnya, Pasal 5 Ayat (1) menyatakan bahwa setiap ibu sedang menjalani cuti melahirkan tidak dapat diberhentikan dari pekerjaannya dan dijamin tetap memperoleh haknya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan.

Mereka juga berhak mendapatkan upah secara penuh untuk cuti melahirkan pada 3 bulan pertama seperti yang tertuang pada Pasal 5 ayat (2). Apabila cuti tambahan 3 bulan berikutnya diberikan, pada bulan keempat gaji dibayarkan penuh, dan dua bulan berikutnya gaji diberikan hanya 75 persen. (*)

Tak Hanya Sekedar Hiburan, Ini Manfaat Membaca Novel yang Perlu Dipertimbangkan

INTERMESO, Balinews.id – Membaca novel seringkali dianggap sebagai hiburan semata bagi sebagian orang. Namun, ada…

July 5, 2024

Dikira Ngancam Pakai Pisau, Ternyata Pembuka Tutup Botol

DENPASAR, Balinews.id – Sepasang suami istri penjual nasi goreng di daerah Pemogan Denpasar Selatan mendapat ancaman dari…

July 5, 2024

Sempat Ngaku Sakit, Nyoman Panca Ditemukan Tewas Telanjang di Kamar Kos

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria asal Buleleng bernama I Dewa Nyoman Panca (54) ditemukan tak…

July 5, 2024

Bule Australia Dideportasi Akibat KDRT Dengan Istrinya yang Merupakan WNI

BADUNG, Balinews.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, melalui Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim)…

July 5, 2024

Ancam Pedagang Nasgor di Pemogan dengan Sajam, Pria Ini Akhirnya Minta Maaf

VIRAL, Balinews.id – Warganet dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan seorang pria membawa senjata tajam…

July 5, 2024