Harga BBM Naik, Mahasiswa Makassar Demo dan Blokade Jalan Hingga Malam


Harga BBM Naik, Mahasiswa Makassar Demo dan Blokade Jalan Hingga Malam (Sabtu, 3 September 2022) (Sumber foto Hendra Cipto/Kompas)

Balinews.id – Presiden Joko Widodo resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada hari Sabtu (3/9/2022). Menteri Energi Arifin Tasrif mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi, pertalite dan solar subsidi, serta bahan bakar subsidi Pertamax.

Merespons pengumuman kenaikan harga BBM tersebut, mahasiswa di Makassar, Sulawesi Selatan demo di beberapa titik.

Aksi unjuk rasa terjadi di depan kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini berdemonstrasi menolak kenaikan harga BBM.

Mahasiswa memblokade jalan dan membakar ban bekas. Aksi tersebut dilakukan sejak sore hingga malam di jalan depan sekretariatnya di jalan Bontolempangan. Dalam aksinya, mahasiswa mengganggap, kenaikan harga BBM akan menambah beban bagi rakyat kecil yang kondisinya sangat memperihatinkan.

“Kebijakan menaikkan harga BBM itu sangat tidak pro terhadap rakyat. Makanya itu kebijakan tersebut harus ditolak,” kata koordinator aksi, wahyudi, Sabtu (3/9/2022).

Efek yang ditimbulkan dari aksi demo tersebut adalah menyebabkan kemacetan yang panjang baik mengarah ke Kota Makassar maupun ke Kabupaten Maros. Pihak kepolisian yang melakukan pengamanan berusaha mengalihkan arus kendaraan ke beberapa jalan alternatif untuk mengurai kemacetan.

Aksi mahasiswa ini pun berakhir hingga pukul 20.00 WITA. Rencananya, mahasiswa di Makassar akan terus melakukan aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM yang menyengsarakan rakyat pasca-pandemi Covid-19.

–> Gabung Grup Telegram Balinews.id dengan klik link¬† https://t.me/Balinews_id Untuk mendapatkan informasi dan breaking news dari Balinews.id setiap harinya.

BBM Jokowi Mahasiswa Makassar

Informasi Redaksi: Lihat Disini | Laporkan Tulisan Lapor Disini

Press ESC to close