Balinews.id

Misteri Tukad Campuhan yang Konon Dijaga Seekor Naga & Buaya Putih

Sumber foto: Pexels

Balinews.id – Sungai Campuhan Pakerisan di Tampaksiring, Gianyar, Bali, merupakan dua muara berbeda dan menyatu menjadi sebuah aliran sungai, memiliki cerita misteri.

Di tengah arus aliran sungai yang menyatu itu, dipercaya terdapat sumber air hangat yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Disebut campuhan yang berarti “campuran”, karena dua sungai besar, yakni aliran Tukad Pakerisan dari sebelah kiri dan Tukad Petanu dari sebelah kanan, menyatu tepat di tempat ini. Didekat campuhan tersebut kemudian dibangun Pura Campuhan.

Konon yang beristana di sungai Campuhan merupakan Ida Ratu Panglingsir, yang dikawal oleh seekor Buaya Putih dan Naga gaib yang kadang terlihat berenang di antara dua aliran sungai.

Kejadian aneh ini, pernah dilihat Penanggung Jawab serta Pangempon Pura Campuhan, Ida Bagus Pawitrem. Menurutnya tempat ini dahulu difungsikan sebagai tempat ngayutin (menghanyutkan abu). Buaya dan naga merupakan simbol pengantar arwah atau atman menuju nirwana. Sosok gaib penjaga campuhan itu meminta dibuatkan tempat pelinggih di pohon beringin besar di depan Pura Campuhan.

Di tengah sungai didirikan sebuah patung Siwa yang duduk di atas sebuah batu yang menjadi pelebur mala, kesialan, dan leteh yang akan hanyut bersama aliran air Tukad Campuhan.

Pria yang akrab disapa Gus Aji ini memaparkan, Ida Bhatara Panglingsir yang berstana di Pura Campuhan sangat penyayang. Banyak orang dari berbagai pelosok yang datang tak hanya untuk malukat, tapi juga dengan berbagai permohonan.Ada yang datang untuk memohon keturunan dan akhirnya terwujud. Ada juga yang datang memohon kesembuhan dari berbagai penyakit, bahkan gangguan jiwa, dan berhasil sembuh.

Keroyok Babinsa, Dua Pria Asal Sumba Ditetapkan Tersangka

BADUNG, Balinews.id – Polres Badung menetapkan 2 orang tersangka atas kasus pengeroyokan terhadap Babinsa Serda…

May 26, 2023

Polres Tabanan Ungkap Empat Kasus Narkoba Selama Bulan Februari

TABANAN, Balinews.id – Polres Tabanan mengungkap sebanyak 4 kasus narkoba selama bulan Februari 2024. Dalam…

May 26, 2023

Beredar Keppres Pemecatan Anggota DPD Bali Arya Wedakarna

Balinews.id – Beredar foto yang memperlihatkan petikan Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemecatan anggota DPD Bali…

May 26, 2023

Jambret Kalung Emas, Residivis Dihajar Warga

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria berinisial MS (49) dihajar massa usai nekat menjambret kalung emas…

May 26, 2023

Usai Pemilu Terbitlah Pilkada, Ini Tahapan dan Jadwalnya

Balinews.id – Setelah pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI…

May 26, 2023