Balinews.id

Detik-Detik Penembakan Bule Turki Diungkap, Polisi Selidiki Senpi Pelaku

Para pelaku penembakan Turan Mehmet (30) dihadirkan saat konferensi pers di Mapolres Badung, Selasa (30/1).

BADUNG, Balinews.id – Polda Bali mengungkap peristiwa penembakan dan perampokan bule Turki bernama Turan Mehmet (30) di Villa Palm House, Tumbakbayuh, Mengwi, Badung, pada Selasa (23/1) dini hari. 

Ketiga pelaku yang berhasil diamankan yakni Escobedo Juan Antonio (24), Aramburo Contreras Jose Alfonso (32), dan Deraz Gonzales Victor Eduardo (36). Sedangkan, 1 pelaku lainnya bernama Sicairos Valdes Roberto (27) masih diburon. 

Kabid Humas Polda Bali, Kombespol Jansen Avitus Panjaitan bersama Katim Lidik Sidik Ditipidum Bareskrim Polri Kombespol Whisnu Caraka dan Kapolres Badung, AKBP Teguh Priyo Wasono menyampaikan temuan saat proses penyelidikan. 

Dijelaskan bahwa para pelaku dideteksi tiba di Bali pada 12 Desember 2023. Pada Senin, 22 Januari 2024 mereka sempat melakukan survey di seputaran TKP yang ditempati oleh korban. Kemudian, pelaku melancarkan aksinya pada keesokan harinya, yakni Selasa (23/1/24) dini hari. 

“Saat beraksi, salah satu dari pelaku menyandera dan menodongkan senjaga api kepada security villa yang bernama I Made Sutana, sedangkan 3 pelaku lainnya masuk kedalam villa,” terang Jansen. 

Salah satu pelaku yang bertubuh besar melakukan penembakan terhadap penghuni villa dengan senjata api yang dibawanya. Akibatnya, Turan Mehmet mengalami luka tembus di perut bagian tengah hingga perut bagian kanan hingga luka masuk di lengan kiri yang menembus dan bersarang di dada belakang kiri.

“Penghuni villa lainnya berhasil menyelamatkan diri,” tambahnya.

Selain melakukan penembakan, para pelaku juga merampas uang milik Turan Muhammat Enes sejumlah Rp. 30 juta dan 4000 US Dollar yang ditaruh di ruang tamu. Tak hanya itu, handphone milik security juga dirampasnya. Kemudian mereka kabur dengan mengendarai sepeda motor. 

Melalui hasil pemeriksaan secara Scientific Crime Investigation dengan memeriksa jejak digital, IT, hingga CCTV, polisi mengantongi identitas dan keberadaan pelaku di sebuah rumah sewaan Jalan Jempiring, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung. 

“Tim gabungan kemudian melakukan penggerebekan pada Sabtu 27 Januari 2024 dan berhasil mengamankan ketiga pelaku,” tambahnya. 

Disinggung terkait motif percobaan pembunuhan berencana tersebut, pihaknya menjelaskan bahwa untuk sementara diduga karena ingin merampas barang milik korban. Pihaknya juga masih menelusuri terkait senjata api yang dibawa oleh para pelaku. Hal tersebut lantaran Warga Negara Asing tidak diperbolehkan memiliki senjata api di Indonesia. 

“Kami juga melakukan beberapa tes untuk mengetahui apakah ada keterkaitan dengan narkoba atau tidak,” ujar Kombespol Whisnu Caraka. (*)

Begini Harapan Ratusan Penyandang Disabilitas pada Ketut Juliarta

KLUNGKUNG, Balinews.id – Pada hari Minggu, 14 Juli 2024, ratusan penyandang disabilitas berkumpul di Sekretariat…

January 30, 2024

Tanggulangi Kejahatan Siber, Polri akan Rekrut 45 Perwira di Bidang IT

NASIONAL, Balinews.id – Maraknya serangan siber di tanah air membuat Polri berencana merekrut sumber daya…

January 30, 2024

Nyoman Parta Sukses Perjuangkan Hak Pekerja APS, Downgrade Status Resmi Dibatalkan

Balinews.id – Rencana perubahan status pekerja dari PKWTT/Permanent menjadi PKWT/Kontrak di PT Angkasa Pura Supports…

January 30, 2024

10 WN Tiongkok Diamankan Atas Dugaan Pelanggaran Izin Tinggal

BADUNG, Balinews.id – Sepuluh warga negara asing (WNA) asal Tiongkok ditahan oleh Kantor Imigrasi Kelas…

January 30, 2024

Berbuah Manis! Rencana Perubahan Status Pegawai PT APS Dibatalkan

Badung, Balinews.id – Sengketa terkait perubahan status ketenagakerjaan yang terjadi di Bandara Ngurah Rai akhirnya…

January 30, 2024