Balinews.id

Bali Jadi Tempat Persembunyian Favorit Para Kriminal dan Buronan Asing? Ini 2 Kasus Heboh Tahun 2024

Chaowalit Thongduang, Buronan Nomor Satu Thailand (kiri) dan penggerebekan 103 WN Taiwan di villa Tabanan (kanan).

Balinews.id – Bali, pulau dewata yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, kini menjadi sorotan karena menjadi tempat persembunyian bagi para kriminal internasional. Adapun 2 kasus yang sempat heboh pada Tahun 2024, antara lain :

1. Penangkapan Chaowalit Thongduang, Buronan Nomor Satu Thailand

Pada Kamis, 30 Mei 2024, Kepolisian Republik Indonesia berhasil menangkap buronan nomor satu Thailand, Chaowalit Thongduang, di wilayah Badung, Bali. Chaowalit, yang dikenal dengan aksi brutalnya, termasuk menembak anggota polisi dan kehakiman Thailand, telah melarikan diri selama tujuh bulan sebelum akhirnya tertangkap.

Menurut Kabareskrim Polri, penangkapan ini didasarkan pada red notice dari Kepolisian Kerajaan Thailand yang dikeluarkan pada 16 Februari 2024. Selama di Indonesia, Chaowalit lebih banyak tinggal di Medan dan Bali, bersembunyi dengan identitas palsu yang membuatnya sulit terlacak.

Chaowalit merupakan buronan yang dicari atas berbagai kasus kejahatan, termasuk menjadi salah satu bandar narkoba terbesar di Thailand. Selain narkoba, ia juga terlibat dalam kasus pembunuhan anggota kepolisian dan seorang saksi atas kejahatannya.

Chaowalit diketahui masuk ke Indonesia melalui jalur laut dari perairan Thailand menuju Aceh pada Desember 2023. Dari Aceh, ia kemudian berpindah ke Medan dan mengubah namanya menjadi Sulaiman dengan dokumen palsu. Pada 20 Mei 2024, ia berpindah ke Bali untuk berlibur, namun akhirnya tertangkap dan akan dipulangkan ke Thailand untuk menghadapi proses hukum.

Dilansir dari berbagai sumber, selama di Indonesia, Chaowalit mendapatkan bantuan dari seorang WNI berinisial FS. FS membantu Chaowalit dengan membuat KTP palsu, Kartu Keluarga palsu, hingga Akta Kelahiran palsu. Semua dokumen ini memudahkan Chaowalit untuk menghindari pelacakan oleh pihak berwenang.

Semua urusan yang dilakukannya selama di Indonesia mendapatkan bantuan FS yang identitasnya telah dikantongi pihak kepolisian. FS sendiri dikenalkan pada Chaowalit oleh salah satu saksi ketika di Thailand.

2. Penggerebekan 103 WN Taiwan Terlibat Cyber Crime di Bali

Baru-baru ini, Imigrasi menggerebek 103 WNA Taiwan yang terlibat dalam kejahatan siber dan melanggar izin tinggal di sebuah vila di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali, pada Rabu (26/6/2024).

Tindakan terseut sejalan dengan operasi yang tengah dilaksanakan yakni Operasi Bali Becik atas kerja sama jajarannya bersama Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI dan kepolisian Polda Bali.

Dari hasil penggerebekan tersebut, mereka menemukan peralatan ITE untuk melakukan kejahatan scamming, seperti 450 unit iPhone, 3 unit iPad, 3 unit monitor, 3 unit laptop, 1 unit Samsung A351, 1 unit handphone OPPO, 1 unit handphone VIVO.

Ada pula 1 unit handphone Redmi, 1 unit printer, 1 unit power supply, 1 boks charger dan kabel, 2 unit charger laptop, 4 unit router Indiehome, 1 unit router TP-Link, dan 13 unit kartu identitas.

“Setelah pemeriksaan mendalam oleh petugas Imigrasi, 13 WNA tersebut diketahui adalah pelaku kejahatan berat di Taiwan. Mereka akan diproses secara hukum di Taiwan,” kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, dalam keterangan tertulis pada Sabtu (6/7/2024).

 

 

 

Tak Hanya Sekedar Hiburan, Ini Manfaat Membaca Novel yang Perlu Dipertimbangkan

INTERMESO, Balinews.id – Membaca novel seringkali dianggap sebagai hiburan semata bagi sebagian orang. Namun, ada…

July 9, 2024

Dikira Ngancam Pakai Pisau, Ternyata Pembuka Tutup Botol

DENPASAR, Balinews.id – Sepasang suami istri penjual nasi goreng di daerah Pemogan Denpasar Selatan mendapat ancaman dari…

July 9, 2024

Sempat Ngaku Sakit, Nyoman Panca Ditemukan Tewas Telanjang di Kamar Kos

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria asal Buleleng bernama I Dewa Nyoman Panca (54) ditemukan tak…

July 9, 2024

Bule Australia Dideportasi Akibat KDRT Dengan Istrinya yang Merupakan WNI

BADUNG, Balinews.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, melalui Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim)…

July 9, 2024

Ancam Pedagang Nasgor di Pemogan dengan Sajam, Pria Ini Akhirnya Minta Maaf

VIRAL, Balinews.id – Warganet dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan seorang pria membawa senjata tajam…

July 9, 2024