Balinews.id

3 Pria Asal Jatim Dibekuk Usai Curi Motor di Villa Mengwi

Ketiga pelaku pencurian motor di villa mengwi dibekuk. (Istimewa)

BADUNG, Balinews.id – Tiga orang pria bernama Heri Tri Ahmadi (35) asal Banyuwangi, Budi (34) asal Jember, dan Asrul Hadi (41) asal Jember diringkus oleh Polsek Mengwi usai mencuri sepeda motor di depan Villa Rumah Santai, Banjar Batan Tanjung, Desa Cemagi, Mengwi, Badung . Kejadian tersebut terjadi pada Rabu 14 Februari 2024 sekitar pukul 10.00 wita.

Pencurian tersebut dilaporkan oleh korban yang merupakan WNA asal Canada inisial GNR (34). Setelah melalui proses penyelidikan, ketiga pelaku dibekuk pada Sabtu (17/2).

Kapolsek Mengwi, Kompol Ketut Adnyana TJ mengungkap bahwa pencurian tersebut berawal saat korban memarkir motor Yamaha Nmax warna hitam Nopol DK 6607 PS di depan Villa pada Selasa (13/2) sekitar pukul 21.30.

“Setelah memarkir, korban masuk kedalam villa untuk beristirahat” ujar Adnyana.

Keesokan harinya pada Rabu (14/2) sekira pukul 10.00, korban hendak keluar namun ia terkejut mendapati motornya yang sebelumnya terparkir sudah hilang. Korban pun lantas melaporkan ke polisi.

Tim Opsnal Reskrim Polsek Mengwi yang dipimpin Kanit Reskrim AKP Made Mangku Bunciana pun menyelidiki laporan tersebut dan berhasil mengantongi identitas para pelaku. Heri dan Budi diringkus di rumah kontrakan wilayah Kedungu Tabanan, pada Sabtu (17/2).

“Kemudian sejam berikutnya, Asrul ditangkap di sebuah proyek Jalan Apit Yeh Banjar Kangin, Sempidi,” pungkasnya.

Namun, motor yang mereka curi ternyata sudah dikirim ke Jember, Jatim. Petugas pun mencari barang bukti tersebut dan mengamankannya di Desa Sumberbulus, Kecamatan Kaliputuh, Jember.

Diketahui para pelaku secara bersama-sama melakukan pencurian sepeda motor dengan berbagi peran dengan cara mendorong sepeda motor curian. Mereka mengaku mulai melancarkan aksinya pada Rabu (14/2) dini hari.

“Heri bersama Budi lebih dulu melakukan pemantauan di sekitar TKP untuk memastikan situasi aman,” ujarnya.

Sekitar pukul 02.45 wita, Budi berpura-pura untuk buang air kecil sambil memantau petugas yang berjaga di pos linmas. Saat ia tau bahwa tak ada penjaga dan situasi aman, mereka memanggil Asrul untuk melancarkan aksi mereka. Asrul yang bertugas mengambil motor korban di TKP. Heri yang naik motor sendiri kemudian mendorongnya dari belakang menggunakan kaki agar kendaraan curian itu bisa dibawa pergi.

Sedangkan Budi memantau pos linmas lagi agar tidak kepergok petugas. Pria itu memberi kode kepada teman temannya agar sepeda motor curian dibawa ke arah barat.

Setelah berhasil dicuri, motor tersebut disembunyikan di sebuah gudang di wilayah Nyanyi Kediri, Tabanan. Keesokan harinya Asrul mengambil motor curian di tempat penyembunyian dan menghidupkannya memakai cara jumper kabel yang terhubung ke stop kontak.

Ia kemudian membuka platnya dan kendaraan itu dibawa oleh Heri menuju kontrakan Budi di Sangulan Tabanan. Sedangkan Budi yang bertugas mengirim motor korban ke Jember.

Saat diinterogasi, para pelaku mengaku nekat mencuri karena motif ekonomi. Atas perbuatannya, mereka disangkakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman penjara paling lama tujuh tahun. (*)

Duo Pencuri Motor di Jalan Poppies Kuta Dibekuk, 1 Melarikan Diri

BADUNG, Balinews.id – Dua dari tiga komplotan pelaku pencurian motor yakni Dodi Andika (23) asal…

February 20, 2024

Diduga Mengantuk, Mobil Pick Up Terguling Hingga Nyemplung di Got

Tabanan, Balinews.id – Seorang pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur bernama Maridwan D. Obhetan (26)…

February 20, 2024

Kemenperin Batasi Impor Barang Elektronik, Kulkas – Laptop Masuk Daftar

Balinews.id – Dalam mendukung iklim usaha yang kondusif bagi industri elektronik nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin)…

February 20, 2024

Indonesia Kirim Wakil di Semua Sektor Bulu Tangkis pada Olimpiade Paris 2024

Jakarta, Balinews.id – Indonesia memastikan akan mengirim wakil pada semua sektor cabang olahraga bulu tangkis…

February 20, 2024

Kubu Prabowo Upayakan Rekonsiliasi

NASIONAL, Balinews.id – Calon Presiden sekaligus pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terus berupaya…

February 20, 2024