Balinews.id

Kolaborasi Inovatif Mahasiswa FIKOM Universitas Ciputra dan Masyarakat Kenjeran, Surabaya: Satukan Langkah dalam Menanggulangi Sampah Berlebih

Kolaborasi Inovatif Mahasiswa FIKOM Universitas Ciputra dan Masyarakat Kenjeran. (Foto: Istimewa)

Balinews.id  – Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Ciputra telah menginisiasi kemitraan yang kuat dengan masyarakat lokal di daerah Kenjeran, Surabaya dalam upaya bersama menanggulangi masalah sampah berlebih.

Kolaborasi ini, yang bertujuan untuk menciptakan solusi berkelanjutan, telah membuahkan hasil yang menggembirakan, kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 10 Desember 2023 yang bertempatan di Pusat Pengembangan Sosial (PPS) yang merupakan salah satu divisi dari Yayasan Kasih Bangsa (YKBS), tepatnya di Kota Surabaya, kecamatan Tambaksari RT.005.

Melalui berbagai inisiatif yang melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat, mahasiswa FIKOM Universitas Ciputra telah berhasil mengenalkan pendekatan baru dalam menangani masalah sampah. Dengan fokus pada edukasi dan tindakan nyata, kolaborasi ini telah menciptakan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya pengelolaan sampah di lingkungan sehari-hari.

Kegiatan ini menggandeng ibu-ibu rumah tangga di daerah Lebak Arum, kecamatan Tambaksari untuk mendaur ulang sampah-sampah plastik dan lainnya. Ibu-ibu rumah tangga dibimbing untuk bisa mengolah sampah rumah tangga menjadi bahan kreativitas yang menarik dan memiliki nilai estetika.

Kegiatan ini juga ikut menggandeng anak-anak kecil dari usia sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama di daerah sekitar Lebak Arum untuk menghias tempat sampah yang sudah disediakan oleh teman-teman mahasiswa dari FIKOM Universitas Ciputra. Anak-anak tersebut tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Kreatifitas anak-anak tersebut ikut dituangkan dalam media tempat sampah yang disulap menjadi menarik.

Kolaborasi antara mahasiswa FIKOM Universitas Ciputra dan masyarakat Kenjeran, Surabaya merupakan langkah penting dalam membangun kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Ini juga menunjukkan kekuatan nyata kerjasama antara akademisi dan masyarakat dalam mengatasi masalah-masalah aktual yang dihadapi bersama.

Diharapkan kolaborasi ini tidak hanya menjadi tonggak awal, tetapi juga menjadi contoh bagi kemitraan serupa di daerah lain. Langkah konkret ini menunjukkan betapa pentingnya peran aktif masyarakat dan inisiatif dari pihak akademis dalam menciptakan perubahan positif bagi lingkungan.

 

Kontak untuk Informasi Lebih Lanjut:

Kenneth Eugene

kennetheugene03@gmail.com

085225327907

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

December 19, 2023

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

December 19, 2023

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

December 19, 2023

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

December 19, 2023

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

December 19, 2023