Tak Hanya Dagingnya, 5 Kulit Buah Ini Juga Kaya Manfaat!

Buah-buahan

Tak hanya daging, kulit buah juga memiliki berbagai manfaat (sumber foto: Jana Ohajdova/Pexels)

Balinews.id – Jangan buru-buru membuang kulit buah! Sering dianggap sampah, ternyata kulit buah juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi buah beserta kulitnya dapat memberi manfaat lebih dibanding hanya mengonsumsi daging buahnya saja. Lalu, kulit buah apa saja yang dapat dikonsumsi? Berikut 5 kulit buah yang kaya vitamin dan manfaat.

Kulit Pisang

Buah Pisang

Kulit buah pisang kaya akan vitamin (sumber foto: Luis Quintero/Pexels)

Siapa sangka kulit pisang ternyata memiliki segudang manfaat, lho. Kulit pisang kaya dengan berbagai nutrisi diantaranya serat, vitamin B16 dan B12, magnesium, kalium dan asam amino. Kulit pisang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, memutihkan gigi, dan juga bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala. Caranya, dengan menjadikan kulit pisang sebagai kompres. Dinginkan kulit pisang kemudian tempatkan kulit pisang yang sudah dingin di dahi dan di belakang leher.

 

Kulit Manggis

Kulit manggis memang terkenal sebagai obat alternatif untuk mengurasi resiko terserang kanker. Hal itu karena kulit manggis mengandung xanthones, jenis senyawa tanaman unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat. Selain itu ternyata, kulit manggis bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini adalah efek anti-inflamasi yang berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan. Tertarik mengkonsumsinya?

 

Kulit Apel

Apel Merah

Kulit apel merah dapat membantu mengurangi berat badan (sumber foto: Mareefe/Pexels)

Siapa disini yang kalau mengonsumsi apel, kulitnya selalu dikupas? Ternyata kulit apel memiliki kandungan yakni vitamin A dan C, berbagai mineral, termasuk kalsium, kalium, dan fosfor. Meskipun daging buah apel juga memiliki kandungan yang bermanfaat, nyatanya mengonsumsi buah apel beserta kulitnya juga memiliki manfaat untuk memperlancar pencernaan, menurunkan berat badan, dan mencegah kanker. Jika kamu mengonsumsi apel dengan mengupas kulitnya, kamu akan kehilangan banyak kandungan vitamin dan serat. Tapi, jangan lupa untuk mencuci bersih dahulu kulit apel untuk membersihkan lilin yang mungkin masih menempel pada kulitnya.

 

Kulit Jeruk

Kulit jeruk

Kulit Jeruk juga kaya vitamin C (sumber foto: Pixabay/Pexels)

Buah jeruk terkenal akan kandungan vitamin C-nya. Namun tahukah kamu kalau dalam satu sendok makan (6 gram) kulit jeruk dapat memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin C harianmu. Jumlah ini tiga kali lipat lebih banyak dibanding jika kamu mengonsumsi buah jeruk. Selain itu, kulit jeruk bisa dipercaya dapat mengurangi resiko kanker dan mengurangi bau mulut. Untuk mengonsumsi kulit jeruk, kamu bisa mencoba hasil olahannya berupa permen, selai, atau dengan cara ditambahkan ke dalam masakan untuk menambah aroma segar.

 

Kulit Buah Naga

kulit buah naga

Manfaat kulit buah naga untuk kecantikan (sumber foto: Lovefood art/Pexels)

Kabar baik untuk perempuan, ternyata kulit buah naga dapat digunakan untuk mencerahkan warna bibir. Penggunaan kosmetik bibir kerap kali membuat warna bibir menjadi menggelap. Selain dengan cara menggunakan scrub bibir, kamu bisa mencoba buah naga untuk mengembalikan warna alami bibirmu. Caranya dengan menjadikannya bahan campuran lip mask ataupun scrub. (an)

 

 

 

Press ESC to close