Sudah Terlanjur Terkena Flu? Ini Cara Mudah Untuk Menghilangkannya

Ilustrasi sakit(shutterstock)

BaliNews.id-Flu bukan suatu penyakit yang membahayakan, namun gejala yang muncul bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Gejala awal flu tersebut meliputi keluarnya ingus atau lendir, baik sesekali maupun terus-menerus.

Jika gejala awal flu tersebut sudah mulai kamu rasakan, maka penting untuk segera melakukan pengobatan dalam waktu 48 jam setelah munculnya gejala. Jika tidak segera ditangani, flu bisa semakin parah dan mengganggu. Gejala lainnya yang dapat muncul, seperti rasa gatal dan sakit pada tenggorokan, kepala terasa berat dan sakit, pegal-pegal, dan lain-lain.

Supaya tidak semakin parah, ini dia beberapa tips untuk menghilangkan flu dengan mudah. Check this out!

Acupressure

Apasih acupressure? Acupressure adalah teknik merekayasa tubuh dengan cara penekanan di titik-titik spesifik. Berita bahagianya, teknik ini ada untuk flu– lebih spesifiknya,hidung yang tersumbat. Titik yang perlu ditekan adalah di antara alis, dan langit-langit mulut (ditekan dengan lidah). Tekan ke-2 titik itu dengan berbarsamaan, jadi hidung mampetmu akan lega. Ini bisa menjadi cara mengobati flu tanpa obat. Hal ini patut kamu coba!

BACA JUGA  6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Perhatikan Asupan Cairan

Perhatikan asupan cairan saat flu bukan berarti harus mengkonsumsi air hangat saja. Ada saatnya loh air dingin(bukan air es  ya) itu tambah baik.

Beberapa orang yakin kalau mandi air dingin itu merangsang aliran darah untuk lebih menyebar ke semua badan. Hal semacam ini menurunkan tekanan darah,meningkatkan sistem imun, dan memperbaiki nutrisi jaringan.Sistem imun yang bertambah akan beresiko ke flu yang lebih cepat pergi dari hidup kita.

Tips Sebelum Tidur utuk yang Sedang Terkena Flu

Tidur adalah kunci dari pembasmian flu. Ada banyak hal yang dapat kamu kerjakan agar tidur jadi senjata yang lebih efisien sekali lagi untuk flu :

  1. Pastikan kepalamu lebih tinggi dari pada tubuhmu, gravitasi akan menolong desakan dalam hidungmu menjadi lebih baik, hindari sakit tenggorokan dan pilek.
  2. Yakinkan kamar tidurmu lembap. Flu buat udara di hidung dan tenggorokanmu lebih kering, lendirmu jadi lebih kental. Bila miliki vaporizer/humidifierjuga bisa digunakan.
  3. Air hangat adalah hal yang cocok untuk memperingan pilekmu, mandi air hangat sebelumnya tidur membuat kamu lebih lega. Last but not least?Tidur sendiri, agar flu mu tak menyebar kemana saja.
BACA JUGA  Beda Jerawat, Beda Treatment! Ketahui 5 Jenis dan Cara Mengatasinya

Minum Obat

Yap, minum obat memanglah telah jadi jalan keluar standard buat flu. Tapi sebenernya minum obat tak sesimpel itu. Obat buat flu dikelompokkan jadi tiga :

  1. Obat pencair – untukmencairkan lendir. Dapat gunakan sirup yang sifatnya mukolitik
  2. Obat sesaat – untuk menyingkirkan semua jenis tanda terkena flu (demam, pilek, dkk). Obat flu standart yang memiliki kandungan pseudoepedhrine atau phenylephrine, contoh Mixagrip, Inza, dan lain sebagainya.
  3. Obat penyebabnya – untuk membasmi penyebabnya flu mu (virus, bakteri, dkk). Cara mengatasi flu berkepanjangan lebih baik periksakan dirimu ke dokter. Kalau untuk obat ini sebaiknya harus konsultasi ke dokter dahulu yaa, agar tak salah tentukan obat dan dosisnya.
BACA JUGA  Pentingnya Laporkan Efek Samping Obat

Jika Flu Sudah Hilang

Ingat kalau terserang flu ini tandanya imunmu sedang lemah. Perbaiki pola makan,mengkonsumsi vitamin, dan perbaiki pola tidur yaa. Semoga membantu!(ap)

Facebook Comments

Redaksi

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id