Balinews.id

Daun Lateng Bisa Obati Penyakit! Salah Satunya Rematik

Tanaman Jelatang

Tanaman jelatang yang sering menimbulkan gatal ternyata bisa jadi obat (sumber foto: pixabay/pexels)

Balinews.id – Siapa yang tak kenal tanaman jelatang atau dalam bahasa Bali sering disebut lateng. Daun Jelatang jika terkena kulit akan menimbulkan rasa gatal yang hebat disertai dengan timbulnya pembengkakan di kulit. Namun rasa gatal tersebut dapat berangsur-angsur menghilang sendiri tanpa diberikan obat. Tanaman yang sering tumbuh liar dan kerap dianggap gulma ini ternyata memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Apa saja kegunaannya? mari kita simak di artikel berikut ini.

 

Meredakan Rasa Iritasi

Tanaman ini memang bisa bikin gatal. Namun, kalau sudah diproses jadi teh atau masakan, tanaman jelatang justru bisa membantu melawan alergi. Dalam tubuh, jelatang berfungsi sebagai antihistamin yang ampuh menghentikan gatal, bersin-bersin, hidung berair, dan iritasi mata.Mungkin anda kebingungan bagaimana caranya mengonsumsi jelatang padahal daun ini menimbulkan rasa gatal? Dengan cara dimasak atau direndam dalam air, daun jelatang akan kehilangan zat beracun sehingga daunnya jadi aman dikonsumsi. Biasanya jelatang dikonsumsi dengan cara dikeringkan dan diseduh bersama dengan daun teh. Di beberapa negara seperti Nepal dan India, daun mudanya juga dipakai untuk memasak. Rasanya mirip seperti bayam.

 

Mengobati Radang Sendi/Rematik

Daun jelatang telah lama digunakan untuk mengurangi gejala radang sendi dan meredakan nyeri otot. Untuk memperoleh manfaatnya, daun jelatang yang telah diolah menjadi salep dioleskan ke bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi atau otot.

 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Daun jelatang mengandung oksida nitrat yang bertindak sebagai vasollidator. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kemampuannya yang dapat merilekskan otot-otot pembuluh darah dan memperlancar aliran darah. Namun, studi yang meneliti hal ini masih dilakukan pada hewan dan belum ada penelitian yang dilakukan pada manusia.

 

Mengontrol Kadar Gula Darah

Daun jelatang mengandung senyawa UD-1 yang menyerupai hormon insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, daun jelatang memiliki potensi untuk mengontrol kadar gula darah pada kondisi diabetes. Namun, diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya sebagai pengobatan penyakit diabetes.

 

Itu dia beberapa manfaat daun jelatang yang mungkin belum pernah kamu tahu, namun tetap berhati-hati jika merasa sedang sakit ada baiknya kamu menghubungi dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan diagnosis penyakit dan obat yang tepat. (an)

 

Disadur dari:

https://www.alodokter.com/5-manfaat-daun-jelatang-bagi-kesehatan

 

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

December 5, 2022

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

December 5, 2022

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

December 5, 2022

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

December 5, 2022

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

December 5, 2022