Balinews.id

Ahli Bedah AS Sukses Cangkok Ginjal Babi ke Manusia

Ahli mempersiakan proses transplantasi ginjal babi pada manusia dalam sebuah penelitian di Ne York, pada 14 Juli 2023. (AP/Shelby Lum via VOA Indonesia)

Balinews.id – Ahli bedah di Massachusetts General Hospital, Boston, Amerika Serikat (AS) berhasil melakukan transplantasi ginjal babi ke manusia. Penerima ginjal tersebut merupakan seorang laki-laki dari Weymouth, Inggris bernama Rick Slayman (62) yang menderita penyakit ginjal stadium akhir. Ia pulih dengan baik setelah menjalani operasi selama empat jam pada Sabtu (16/3/2024) dan diperkirakan akan segera keluar.

“Saya melihatnya tidak hanya sebagai cara untuk membantu saya, tetapi juga sebagai cara untuk memberikan harapan bagi ribuan orang yang membutuhkan transplantasi untuk bertahan hidup,” ucap Slayman, dikutip dari Live Science.

Slayman memiliki riwayat penyakit diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi. Sebelumnya, ia juga telah menjalani dialisis selama tujuh tahun sebelum akhirnya melakukan transplantasi ginjal manusia pada 2018. Namun, lima tahun kemudian, organ yang ditransplantasikan itu menunjukkan tanda-tanda kegagalan. Pada 2023 ia memulai kembali dialisis, tetapi justru berakibat pada komplikasi serius yang memerlukan kunjungan rumah sakit secara teratur.

“Dia harus menunggu 5-6 tahun untuk mendapatkan ginjal manusia. Dia tidak akan bisa bertahan hidup,” kata kepala divisi nefrologi di Massachusetts General Hospital dan dokter ginjal utama pasien, Winfred Williams.

Ketika kesempatan muncul bagi Slayman untuk menerima ginjal babi, ia mendiskusikan potensi risiko prosedur dengan dokternya dan menyetujui operasi tersebut.
Ginjal babi hasil rekayasa Ginjal babi yang ditransplantasikan itu berasal dari eGenesis, sebuah perusahaan bioteknologi yang mengembangkan organ-organ rekayasa yang kompatibel dengan manusia. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

March 22, 2024

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

March 22, 2024

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

March 22, 2024

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

March 22, 2024

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

March 22, 2024