Thailand Umumkan Pergantian Nama Bangkok Jadi Krung Thep Maha Nakhon

Ilustrasi Pemandangan Bankok Thailand. foto: pixabay

BaliNews.id – Negara Thailand sudah dikenal dengan nama ibu kotanya adalah Bangkok. Namun nama itu kini resmi berganti menjadi Krung Thep Maha Nakhon.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Kantor Royal Society (ORST) dimana secara resmi ibu kota Thailand, yang sebelumnya berenama Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon pada Selasa, 16 Feberuari 2022.

Secara historis, nama Bangkok telah umum digunakan untuk waktu yang lama yakni secara resmi sejak November 2001 di bawah pengumuman Office of the Royal Society. Nama tersebut berasal dari daerah lama Bangkok, yang sekarang menjadi bagian dari wilayah metropolitan ibu kota yang lebih besar, distrik Bangkok Noi dan Bangkok Yai.

Sedangkan, nama Krung Thep Maha Nakhon diartikan sebagai ‘kota besar para malaikat’. Adapun kebanyakan orang Thailand menyingkatnya menjadi Krung Thep saja dalam percakapan sehari-hari. Nama Krung Thep Maha Nakhon, sebenarnya adalah bentuk pendek dari nama aslinya yang berakar pada bahasa Pali dan Sansekerta dan lebih merupakan frasa untuk menggambarkan kota daripada nama. Adapun nama lengkapnya adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Meski sudah diumumkan dan menjadi sorotan publik, nama resmi Krung Thep Maha Nakhon belum akan berlaku efektif. Pemberlakuan nama akan menunggu pemeriksaan komisi yang bertugas memeriksa semua rancangan undang-undang (RUU) yang diajukan. Kabinet juga meminta panel untuk mempertimbangkan observasi tambahan dari Kementerian Luar Negeri.

Sedangkan, Wakil juru bicara pemerintah Ratchda Dhanadirek pada hari Rabu mengatakan tidak ada yang berubah dalam penamaan ibu kota. Nama Thailand Krung Thep Maha Nakhon hanya akan digunakan sebagai nama resminya. Nama Bangkok masih akan dikenali dalam tanda kurung, di halaman Facebook-nya.

 

 

Thailand

Informasi Redaksi: Lihat Disini | Laporkan Tulisan Lapor Disini

Press ESC to close