Balinews.id

Mengenal Amanda Gorman, kesulitan bicara sampai taklukan Capitol

Amanda Gorman dalam inagurasi Joe Biden sebagai presiden AS ke-46 di Capitol, Washington, AS (20/1/2021) 

BaliNews.id-Penyair muda asal Amerika Serikat, Amanda Gorman, membacakan puisi karya dia “The Hill We Climb” dalam inagurasi Presiden AS Joe Biden di gedung Capitol, Washington DC pada Rabu (20/01).

Suaranya lantang dan jelas melantunkan puisi berima bait demi bait. “Meskipun demokrasi dapat ditunda secara berkala, demokrasi tidak pernah dapat disangkal secara permanen.”Prosa-nya memunculkan gambaran yang mengerikan dan penuh kemenangan, seperti yang dia katakan kepada orang Amerika yang menonton di rumah: “Bahkan saat kami berduka, kami tumbuh.”Ms Gorman mereferensikan segala sesuatu mulai dari kitab suci Alkitab sampai Hamilton, dan kadang-kadang menggemakan pidato John F Kennedy dan Rev Martin Luther King Jr.​​​​​​​

Siapa Amanda Gorman? Dia adalah gadis 22 tahun kelahiran Los Angeles yang di laman Instagramnya dia menulis dirinya adalah seorang “penyair, penulis dan pemimpi”.Dia jadi penyair termuda yang pernah tampil di inagurasi presiden AS.Namun siapa menyangka saat anak-anak dia berjuang melawan kesulitan berbicara, namun kini dia bisa berbicara dengan kekuatan, kejelasan dan ketenangan di tangga Capitol AS.

Dibesarkan oleh ibunya, seorang guru bernama Joan Wicks, dia memiliki dua saudara kandung, termasuk saudara kembar yang berprofesi sebagai aktivis.Mantan kepala sekolahnya Luthern Williams mengatakan kepada Sky News bahwa Amanda ditakdirkan untuk menjadi hebat.”Amanda sangat bersemangat, tapi yang indah dari Amanda adalah dia terdorong untuk mengubah dunia. Sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata betapa bangganya saya dengan apa yang mampu dia lakukan.”

Dari sekolah di Santa Monica, dia lanjut ke Harvard dan belajar sosiologi.Dia terinspirasi oleh studinya untuk menjadi delegasi pemuda untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 2013, setelah menonton pidato peraih Hadiah Nobel Pakistan Malala Yousafzai – dan setahun kemudian, terpilih sebagai penyair pemuda Los Angeles.

Pada 2017, ia dinobatkan sebagai Pemenang Penyair Pemuda Nasional AS, US National Youth Poet Laureate pertama.Dia menjadi penyair pemuda pertama yang membuka musim sastra untuk Perpustakaan Kongres, dan dia telah membaca puisinya di MTV.Di Perpustakaan Kongres itulah Gorman menarik perhatian Dr Jill Biden, yang memintanya untuk menulis puisi asli untuk upacara pelantikan suaminya.

Dia menulis satu bagian, kemudian setelah kerusuhan Capitol awal bulan ini, dia mengubahnya untuk memasukkan peristiwa tersebut karena signifikansi sosial dan politiknya yang besar.

Seni dan aktivisme Gorman berfokus pada masalah penindasan, feminisme, ras, dan marginalisasi, serta diaspora Afrika.Dalam satu wawancara, dia menggambarkan bagaimana cara dia dididik “di persimpangan yang sangat aneh di Los Angeles, di mana rasanya seperti tudung hitam bertemu keanggunan hitam bertemu gentrifikasi putih bertemu budaya Latin bertemu lahan basah.

“Melintasi dunia-dunia ini, baik untuk pergi ke sekolah swasta di Malibu, atau kemudian pulang ke apartemen dua kamar tidur keluarga saya, memberi saya apresiasi terhadap budaya dan kenyataan yang berbeda, tetapi juga membuat saya merasa seperti orang luar.”

Dia bergabung dengan barisan penyair pelantikan sebelumnya Robert Frost, Maya Angelou dan Elizabeth Alexander, dengan penampilannya yang luar biasa pada pelantikan hari Rabu.Dia juga mengatakan bahwa dia bertekad ikut pencalonan presiden AS pada 2036.

Buku laris usai inagurasi
​​​​​​​

​​​​​​​Buku Amanda Gorman laris manis di platform online usai penampilannya dalam inagurasi Biden-Harris.​​​​​​​Beberapa jam setelah dia turun dari podium di hari inagurasi itu, penerbit Penguin Children’s mengumumkan bahwa mereka akan merilis puisi Gorman sebagai buku hardcover di musim semi, dengan rencana untuk mencetak 150.000 eksemplar pada penayangan pertama, belum pernah terjadi sebelumnya bahkan untuk seluruh koleksi puisi, “karena permintaan yang luar biasa,” demikian Guardian dikutip Sabtu.

Beberapa hari sebelum Gorman membaca, juga diumumkan bahwa koleksi debutnya, juga berjudul “The Hill We Climb”, akan diterbitkan pada 21 September di AS.

Buku bergambar pemenang penyair muda nasional, “Change Sings”, yang ditulis sebagai lagu anak-anak, akan dirilis pada hari yang sama.Kedua buku melesat ke puncak daftar Amazon dalam beberapa menit setelah Gorman naik ke panggung, dengan penyair berbagi reaksinya terhadap ketenaran barunya di media sosial.

“Aku sekarat!” teriaknya di salah satu Instagram Story, saat dia melihat seorang pembaca berita di televisi membaca tweet yang dialamatkan kepadanya dari Lin-Manuel Miranda, pencipta musikal Hamilton, yang menginspirasi sebagian dari puisinya. Dalam video lain, dia difilmkan menatap Amazon di laptop, di mana “The Hill We Climb” dan “Change Sings” masing-masing mencapai No 1 dan No 2 di tangga buku keseluruhan.

“Instagram saya benar-benar rusak, ini bukan permainan, ini bukan lelucon. Saya baru saja mencari dan memiliki satu juta pengikut,” katanya. “Saya bahkan tidak dapat memposting apa pun… ada begitu banyak cinta dan dukungan yang datang melalui aplikasi, jadi terima kasih banyak. Ini liar.”

Berbicara kepada pembawa acara CNN Anderson Cooper setelah pelantikan, Gorman mengatakan bahwa dia tumbuh dengan kesulitan berbicara dan berjuang dengan huruf R, menggunakan lagu Hamilton Aaron Burr, “Sir” untuk mengatasinya. “Itu menjadi bagian besar dari patologi wicara saya. Itu sebabnya saya memasukkannya ke dalam puisi pengukuhan,” katanya.

Penulis muda lain yang mendapatkan kesepakatan buku adalah Brayden Harrington yang berusia 13 tahun, yang menjadi berita utama ketika berbicara di Konvensi Nasional Demokrat pada Agustus.

Kemudian, Harrington mengenang dampak pertemuan Biden bertahun-tahun sebelumnya, ketika calon presiden meyakinkan dia tentang gagapnya, kondisi yang juga dihadapi Biden.

Beberapa jam sebelum peresmian, HarperCollins Children’s Books mengumumkan telah menegosiasikan kesepakatan dua buku dengan Harrington, yang berbicara lagi di acara TV khusus untuk menandai pelantikan Biden. Yang pertama, berjudul “Brayden Speaks Up”, akan menjadi buku bergambar yang “merayakan pentingnya berbicara dan menggunakan suara Anda” dan akan diterbitkan pada bulan Agustus. Yang kedua adalah novel yang belum disebutkan namanya untuk anak usia delapan hingga 12 tahun, yang akan dirilis pada tahun 2022.(an)

Sekda Suyasa Komitmen Bersihkan Proses Rekrutmen P3K

BULELENG, Balinews.id – Dalam upaya memastikan integritas dan kebersihan proses rekrutmen Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian…

January 24, 2021

Libur Lebaran, Dinas Dukcapil Buleleng Layani Ratusan Masyarakat

BULELENG, Balinews.id – Libur panjang Hari Raya Lebaran tidak menyurutkan semangat Dinas Kependudukan dan Pencatatan…

January 24, 2021

FYP di TikTok! Ini Lirik Arah Sang Cinta dan Balasannya JKT48

Balinews.id – Dirilis tahun 2020, lagu “Arah Sang Cinta dan Balasannya” bercerita tentang seorang perempuan…

January 24, 2021

Warga Geger, Jasad Lansia Ditemukan di Areal Setra Badung

DENPASAR, Balinews.id – Penemuan jasad seorang lansia di Areal Setra Badung, Jalan Imam Bonjol, Denpasar…

January 24, 2021

Kuliah Umum FH Unmas Denpasar, Soroti Transformasi Hukum dalam Era Disrupsi

DENPASAR, Balinews.id – Fakultas Hukum Unmas Denpasar kembali menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk “Transformasi Hukum dalam…

January 24, 2021