Balinews.id

Mattel Rilis Barbie Dengan Down Syndrome, Tunjukan Keberagaman

Balinews.id – Produsen mainan Mattel, meluncrukan boneka Barbie dengan desain yang merepresentasikan penyandang down syndrome. Sebelumnya produsen mainan ini pernah mendapatkan kritik karena desain-desain Barbie terdahulu tidak benar-bernar merepresentasikan keberagaman perempuan.

Saat ini berbagai desain Barbie diluncurkan mulai dari penyandang disabilitas, berbagai macam rentang warna kulit hingga yang baru-baru ini desain penyandang down syndrome.

Dalam pembuatan boneka Barbie down syndrome ini, Mattel telah bekerja sama dengan National Down Syndrome Society di Amerika Serikat.  Nantinya, koleksi boneka terbaru ini menjadi bagian dari lini Mattel Barbie Fashionistas.

Boneka Barbie dengan down syndrome dirancang dengan tubuh yang lebih pendek dan torso yang lebih panjang serta bentuk wajah yang lebih bulat, batang hidung lebih datar, mata berbentuk almond, dan telinga lebih kecil.

“Telapak tangan boneka itu bahkan memiliki satu garis, karakteristik yang sering dihubungkan dengan down syndrome,” jelas Mattel.

Pihak Mattel mengatakan pola gaun lengan puff Barbie yang baru menampilkan kupu-kupu dan warna kuning dan biru, yang merupakan simbol dan warna yang terkait dengan kesadaran down syndrome. Dalam rangka peluncuran boneka Barbie down syndrome ini, Mattel turut menggandeng model penyandang down syndrome yang baru-baru ini muncul di cover Vogue, Ellie Goldstein.

Munculnya desain terbaru dari Barbie ini dapat mengajarkan kepada anak-anak bahwa setiap orang itu berbeda-beda dan beranekaragam serta menumbuhkan perasaan penerimaan, kepercayaan diri dan harapan di antara mereka yang mungkin dianggap ‘berbeda.

Diduga Mengantuk, Mobil Pick Up Terguling Hingga Nyemplung di Got

Tabanan, Balinews.id – Seorang pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur bernama Maridwan D. Obhetan (26)…

April 28, 2023

Kemenperin Batasi Impor Barang Elektronik, Kulkas – Laptop Masuk Daftar

Balinews.id – Dalam mendukung iklim usaha yang kondusif bagi industri elektronik nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin)…

April 28, 2023

Indonesia Kirim Wakil di Semua Sektor Bulu Tangkis pada Olimpiade Paris 2024

Jakarta, Balinews.id – Indonesia memastikan akan mengirim wakil pada semua sektor cabang olahraga bulu tangkis…

April 28, 2023

Kubu Prabowo Upayakan Rekonsiliasi

NASIONAL, Balinews.id – Calon Presiden sekaligus pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terus berupaya…

April 28, 2023

Viral Berita Kemdikbud Tetapkan Aturan Baru Tentang Seragam, Benarkah?

Balinews.id – Ramai diberitakan di media sosial dan beberapa portal berita online bahwa Menteri Pendidikan,…

April 28, 2023