Balinews.id

Amerika Serikat Veto Resolusi DK PBB, Apa Dampaknya?

Wakil Duta Besar AS, Robert Wood memberikan suara menentang resolusi dalam pertemuan Dewan Keamanan di markas besar PBB, Kamis, 18 April 2024. (AP/Yuki Iwamura)

GLOBAL, Balinews.id – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengalami kebuntuan yang mengejutkan pada Kamis lalu, saat Amerika Serikat mengejutkan dunia dengan memveto rancangan resolusi yang dirancang oleh Aljazair, yang bertujuan untuk mendukung upaya Palestina menjadi anggota penuh PBB.

Meskipun rancangan resolusi itu mendapat 12 suara setuju, dua suara abstain, namun satu suara menolak dari Amerika Serikat telah menutup pintu bagi langkah Palestina menuju keanggotaan penuh di PBB.

Tanggapan keras datang dari Otoritas Palestina, yang menggambarkan langkah AS sebagai “agresi terang-terangan” terhadap hukum internasional dan sebagai dorongan untuk melanjutkan “perang genosida” terhadap rakyat Palestina.

Pernyataan keras ini datang dari kantor pemimpin Palestina, Mahmud Abbas, yang menegaskan bahwa tindakan veto AS hanya akan mendorong wilayah tersebut semakin jauh ke dalam jurang konflik.

Saat Otoritas Palestina mengecam tindakan Amerika Serikat, mereka juga menyoroti kontradiksi dalam kebijakan AS terkait solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina. Meskipun AS secara resmi mendukung solusi ini, namun tindakan veto mereka di Dewan Keamanan PBB dianggap sebagai upaya untuk menghambat implementasi solusi tersebut.

Sementara itu, di tengah ketegangan yang terus meningkat di wilayah Gaza, Palestina telah mengajukan permohonan kepada Sekretaris Jenderal PBB untuk mempertimbangkan kembali permintaan keanggotaan penuh yang diajukan pada tahun 2011. Meskipun pada saat itu permohonan tersebut tidak mendapatkan persetujuan dari DK PBB, namun Palestina terus berupaya untuk mendapatkan dukungan internasional.

Peristiwa veto ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi Palestina dalam mendapatkan dukungan global untuk aspirasi kemerdekaannya. Dengan keputusan veto AS, langkah Palestina menuju keanggotaan penuh PBB kembali terhambat, meninggalkan pertanyaan besar tentang masa depan perdamaian di Timur Tengah. (*)

 

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

April 19, 2024

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

April 19, 2024

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

April 19, 2024

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

April 19, 2024

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

April 19, 2024