Wangi dan Antimainstream! Ini Dia Resep Nasi Goreng Kecombrang

Nasi goreng kecombrang

Nasi goreng kecombrang (sumber foto: detikfood)

Balinews.id – Kecombrang atau sering juga disebut dengan nama kecicang dan bongkot merupakan tanaman rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Kecombrang merupakan tanaman khas Indonesia. Tanaman ini dapat ditemukan di hampir seluruh daerah, memiliki batang lurus dan daun yang mirip daun pisang. Bunganya berwarna merah dengan kelopak-kelopak yang cantik. Kecombrang memiliki aroma dan rasa yang sangat khas sehingga sering digunakan dalam masakan.

 

Bunga kecombrang tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai sambal (sumber foto: cookpad)

 

Manfaat Kecombrang

Kecombrang memiliki banyak kandungan baik yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya air, fosfor, karbohidrat, kalsium, kalium, protein, lemak, seng, dan zat besi. Dilansir dari Alodokter, Kecombrang bermanfaat untuk sebegai berikut.

Mencegah Penyakit Kronis

Kecombrang dipercaya mampu mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit alzheimer. Ini disebabkan kandungan senyawa alami yang terkandung dalam kecombrang, yaitu flavonoid dan fenolik. Senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan, sehingga mampu mencegah bahaya radikal bebas yang menjadi penyebab terjadinya berbagai penyakit kronis.

Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Kecombrang bersifat antihiperglikemik sehingga mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di usus, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya lonjakan gula darah setelah makan dapat dihindari dan kadar gula darah bisa tetap stabil.

Mencegah Hiperurisemia

Hiperurisemia adalah istilah medis dari tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Manfaat kecombrang dalam mencegah hiperurisemia diperoleh dari berbagai senyawa alami di dalamnya, yaitu flavonoid, polifenol, dan saponin, yang mampu mengontrol produksi asam urat berlebih.

Mencegah peradangan

Manfaat lain dari kecombrang adalah mencegah peradangan. Kecombrang memiliki senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat menghambat kerja enzim pemicu peradangan.

 

Resep Nasi Goreng Kecombrang

Potong Bagian Bunga Kecombrang Tipis-Tipis (sumber foto: IDN Times)

Bahan-Bahan

  1. 1 Piring Nasi
  2. 1/2 Bunga kecombrang cincang
  3. 3 siung bawang putih cincang
  4. 1 buah bawang merah cincang
  5. 1 sdm saus tiram
  6. 1 sdm kecap
  7. 1 sdm saos tomat
  8. Cabai diiris tipis sesuai selera
  9. Garam dan merica secukupnya

Cara Memasak

  1. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu yang dicincang sampai harum,
  2. Saat sudah sedikit kecoklatan, masukan potongan kecombrang, kecap dan saos. Tambahkan sedikit air agar bumbu tidak hangus
  3. Masukan nasi putih lalu aduk sebentar hingga bumbu merata
  4. Tambahkan garam dan merica, kemudian koreksi rasa
  5. Nasi goreng Kecombrang siap dinikmati!

Agar lebih nikmat kamu bisa menambahkan toping telur dadar, selada dan bawang goreng. Selamat Mencoba! (an)

Press ESC to close