Balinews.id

Sejarah Hari Tari Internasional yang Jatuh Pada 29 April

Ilustrasi Penari (sumber foto: pexels)

Balinews.id – Tepat hari ini 29 April setiap tahunnya, masyarakat dunia memperingatinya sebagai Hari Tari Sedunia. Bagaimanakah sejarahnya?

Pada tahun 1982, Komite Dansa Internasional Theatre Institute atau ITI menetapkan adanya Hari Tari Internasional. Peringatan ini bertujuan untuk menyatukan banyak orang dengan bahasa universal yaitu tarian. Tanggal 29 April dipilih sebagai Hari Tari Internasional dikarenakan bertepatan dengan hari lahir dari Jean-Georges Noverre, sang pencipta balet modern.

ITI ingin agar semua orang mulai mengetahui dan menyadari akan nilai dari semua bentuk tarian. Selain itu, dengan adanya hari ini, diharapkan dapat membantu komunitas tari dalam mempromosikan karya-karyannya dalam skala yang lebih besar.

Komite Dansa Internasional setiap tahunnya memilih penari atau koreografer berbakat di seluruh dunia untuk menari dan menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat luas. Pesan ini nantinya akan diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Peringatan Hari Tari Internasional tahun ini mengambil tema Dance Future: Developing the Traditions and Expanding the Boundaries. Perayaan utama dilaksanakan pada 24-30 April di Shanghai, yang diselenggarakan bersama oleh ITI, Shanghai Theatre Academy dan China Dance Association.

Duo Pencuri Motor di Jalan Poppies Kuta Dibekuk, 1 Melarikan Diri

BADUNG, Balinews.id – Dua dari tiga komplotan pelaku pencurian motor yakni Dodi Andika (23) asal…

April 29, 2023

Diduga Mengantuk, Mobil Pick Up Terguling Hingga Nyemplung di Got

Tabanan, Balinews.id – Seorang pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur bernama Maridwan D. Obhetan (26)…

April 29, 2023

Kemenperin Batasi Impor Barang Elektronik, Kulkas – Laptop Masuk Daftar

Balinews.id – Dalam mendukung iklim usaha yang kondusif bagi industri elektronik nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin)…

April 29, 2023

Indonesia Kirim Wakil di Semua Sektor Bulu Tangkis pada Olimpiade Paris 2024

Jakarta, Balinews.id – Indonesia memastikan akan mengirim wakil pada semua sektor cabang olahraga bulu tangkis…

April 29, 2023

Kubu Prabowo Upayakan Rekonsiliasi

NASIONAL, Balinews.id – Calon Presiden sekaligus pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terus berupaya…

April 29, 2023